Jika Minum Minimal Dua Cangkir Kopi Sehari Bisa Kurangi Risiko Kanker Hati

Sonia Permata Basoni - detikFood Minggu, 28 Mei 2017 03:23 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Satu lagi manfaat sehat minum kopi diungkap. Kali ini menyebutkan konsumsi minimal 2 cangkir kopi sehari dapat kurangi risiko kanker hati.

Para ahli dari University of Southampton dan University of Edinburgh memaparkan data dari 26 penelitian yang melibatkan lebih dari 2,25 juta peserta, lapor the telegraph (26/5). Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang meminum lebih banyak kopi cenderung memiliki risiko terkena kanker hepatoselular (HCC), sejenis kanker hati, lebih rendah. Dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi.

Bahkan kopi tanpa kafein pun bisa memiliki efek perlindungan. Karenanya kopi dapat menjadi obat alami yang luar biasa. Mereka yang mengonsumsi dua cangkir kopi mengurangi risiko terkena kanker sebesar 35%.

Foto: iStock

Sementara mereka yang meminum 5 cangkir kopi dalam sehari dapat memungkas risiko hingga 50%. Para peneliti bahkan mencatat bahwa efek perlindungan ini terdapat di dalam kopi tanpa kafein namun kadarnya lebih kecil. Kurang pasti dampaknya dalam mengurangi risiko.

Salah satu peneliti utama, dokter Oliver Kennedy dari University of Southampton mengatakan, bahwa kopi dipercaya secara luas memiliki banyak manfaat kesehatan. Temuan baru ini menunjukkan bahwa hal itu dapat memiliki efek yang siginifikan terhadap risiko terserang kanker hati.

"Kami tidak menyarankan agar setiap orang mulai meminum 5 cangkir kopi sehari. Tentu, peneltian dan studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui potensi bahaya asupan kafein dari kopi yang tinggi, dan dapat mempengaruhi kelompok tertentu seperti wanita hamil," ungkap dokter Oliver, seperti dikutip dari the guardian (25/5).

"Meskipun demikan, temuan kami merupakan perkembangan penting dalam dunia kesehatan khususnya untuk kanker HCC," pungkasnya.

Foto: iStock/Getty Images

"Kami telah menunjukan bahwa kopi mengurangi sirosis dan juga kanker hati dengan cara yang tergantung dosis. Kopi juga telah dilaporkan mengurangi risiko kematian akibat penyebab lainnya. Penelitian kami menambahkan jajaran bukti yang telah ada, bahwa kopi dapat menjadi obat alami yang luar biasa," imbuh Profesor Peter Hayes, dari University of Edinburgh.

Mengomentari penelitian ini, Andrew Langford, kepala eksekutif British Liver Trust menuturkan bahwa studi baru ini menambahkan bukti yang menunjukkan bahwa minum kopi baik untuk kesehatan hati dan dapat mengurangi risiko perkembangan kanker hati. (odi/odi)