Mie Instan Kekinian

Mie Instan Boleh Dimakan Tiap Hari? Ini Saran Ahli Gizi

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 03 Mei 2017 17:55 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Mie Instan Kekinian
Jakarta - Mie instan sering kali jadi salah satu makanan andalan dikala lapar karena sangat praktis dibuat. Rasanya yang gurih tentu disukai banyak orang. Tapi bolehkan dikonsumsi setiap hari?

Selain telur, mie instan juga kerap kali menjadi stok bahan makanan kering. Saat malas keluar rumah atau lapar tengah malam, cukup panaskan air hingga mendidih dan masak mie instan dengan menambahkan bumbu gurihnya.

Akan tetapi, konsumsi mie instan secara terus menerus tentu tidak baik untuk kesehatan. Menurut ahli gizi, Leona Victoria Djajadi, MND kepada detikFood (03/05) mengatakan bahwa mengonsumsi mie instan setiap hari tidak dianjurkan. Karena mie instan memiliki kandungan nutrisi yang tidak lengkap. Walaupun mengenyangkan tetapi tidak bernutrisi.

 Mie Instan Boleh Dimakan Tiap Hari? Ini Saran Ahli GiziFoto: iStock
Ada dua jenis varian mie instan yaitu mie goreng dan rebus. Untuk mie rebus banyak orang yang memilih untuk mengganti air rebusan mie instan dengan air panas baru. Hal ini sejalan dengan pendapat Victoria yang menyarankan untuk membuang air rebusan mie instan.

"Lebih baik gunakan air rebusan baru atau kaldu buatan sendiri. Karena air cucian pertama biasanya mengandung lebihan pati dan sisa pewarna (kuning)," jelas ibu dua anak ini.

Satu takaran saji mie instan dapat menyumbang 400 Kkal atau sekitar 20 persen dari total kebutuhan energi harian. Konsumsi mie berlebihan bisa mengarah pada terjadinya obesitas, karena secara nutrisi tubuh akan tetap merasa "lapar" karena kebutuhan mikronutrisinya tidak terpenuhi. Sehingga dapat memancing kita untuk selalu makan untuk memenuhi kebutuhan mikronutrisi tersebut.

 Mie Instan Boleh Dimakan Tiap Hari? Ini Saran Ahli GiziFoto: iStock
"Konsumsi mie instan jangan berlebihan. Dalam sebulan maksimal 4 kali atau 1 kali seminggu," ujar wanita cantik ini.

Berbahan utama karbohidrat, jika hanya mie yang dikonsumsi tentu tidak masuk dalam gizi seimbang. Victoria menyarankan untuk meracik mie yang lebih sehat dengan beberapa cara yaitu menggunakan air kaldu buatan sendiri, ditambahkan dengan banyak sayuran rebus dan menambahkan protein yang baik sepetri telur atau ayam suwir.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Mie Instan Kekinian