Sebaiknya Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ini Alasannya

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 26 Apr 2017 15:14 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Lalat sering hinggap di makanan kita. Peneliti anjurkan untuk membuang bagian makanan yang dihinggapi lalat. Mengapa?

Ada dua reaksi orang saat menyadari lalat hinggap di makanan mereka. Pertama langsung membuangnya atau hanya mengusir lalat dan terus melanjutkan memakannya.

Bila Anda memilih yang kedua, cobalah dipertimbangkan kembali. Karena hampir semua lalat yang mendarat di makanan akan muntah di atasnya. Mereka tidak bisa mengunyah, jadi mereka mengeluarkan enzim pencernaan ke makanan sebelum menelannya lagi.

Sebaiknya Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ini AlasannyaFoto: Thinkstock
Meskipun lalat kecil, tetapi penuh dengan beragam jenis bakteri juga kuman. Rata-rata lalat membawa 200 jenis bakteri dalam tubuhnya yang berpotensi membahayakan kesehatan. Ratusan bakteri itu termasuk kotoran dan makanan busuk yang sebelumnya mereka hinggapi.

Peneliti dari University of Florida menemukan bahwa lalat membawa bakteri yang dapat sebabkan infeksi pencernaan dan keracunan makanan, lapor Metro.uk (25/4/17). Mereka melakukan penelitian menggunakan sampel lalat dari tong sampah juga dari pintu masuk 4 restoran. Hasilnya, lalat membawa lebih banyak penyakit dari yang diperkirakan.

Peneliti mengatakan orang dewasa sehat dapat menangkal bakteri tersebut. Tetapi anak-anak, orang tua, orang dengan imunitas rendah, orang sakit atau yang sedang menjalani kemoterapi, berisiko sakit bila memakan santapan bekas dihinggapi lalat.

Sebaiknya Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ini AlasannyaFoto: Thinkstock
"Lalat hanya butuh menyentuh makanan selama beberapa detik dengan kaki atau bulu di seluruh tubuhnya untuk mentransfer kuman dari semua hal jorok yang mereka makan pada makanan Anda," jelas Ron Harisson, ahli entomologi di pengendalian hama Orkin.

"Lalat bisa menularkan penyakit menular dan serius. Seperti kolera, disentri, juga tifus, jadi lebih baik hindari makan sesuatu yang sudah dihinggapi," tambah Harrison dikutip dari Metro (25/4/17).

Lalat juga dapat membawa bakteri dan virus seperti salmonella, antraks, dan TBC. Juga dikenal menularkan telur cacing sebagai parasit penyakit.

Sebaiknya Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ini AlasannyaFoto: Thinkstock
Namun bila Anda tidak ingin membuang-buang makanan sama sekali, cukup potong sedikit makanan yang sudah terkena lalat dan menyantap sisanya.

Untuk menghindari datangnya lalat ke rumah , selalu jaga dapur dalam keadaan bersih, buang sampah ke tempat penampungan. Terutama sampah organik dan tutup makanan, tutup pintu, jendela atau pasang jaring. Lalat benci angin, Anda bisa nyalakan kipas angin saat mereka datang. (ani/odi)