Jangan Buang Kulit Telur! Karena Kaya Nutrisi Sebaiknya Dimakan Saja

Annisa Trimirasti - detikFood Minggu, 23 Apr 2017 16:05 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Saat memasak telur biasanya kulitnya dibuang. Padahal kulit ini kaya nutrisi. Mengapa tak dimakan saja?

Telur jadi sajian favorit sarapan. Umumnya setelah diambil isinya orang membuang cangkang telur. Hal ini sebabkan bertambahnya jumlah limbah makanan, seperti di Inggris saja, 150.000 ton kulit telur jadi limbah tiap tahunnya.

Daripada dibuang, dikabarkan oleh The Sun (21/4), sebaiknya memakan kulit telur dapat dipertimbangkan. Bukan hanya baik untuk lingkungan, namun kulit telur juga bernutrisi.

Jangan Buang Kulit Telur! Karena Kaya Nutrisi Sebaiknya Dimakan SajaFoto: Getty Images

Sebagian besar tepatnya 95% bahan kulit telur adalah kalsium karbonat. Senyawa ini punya banyak manfaat untuk tulang dan gigi serta bantu cegah osteoporosis. Juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag, gangguan pencernaan karena asam, dan sakit perut.

Kulit dari 1 telur mengandung sekitar 2 gram kalsium atau 2 kali lipat rekomendasi asupan kalsium harian. Tetapi tidak disarankan langsung mengunyah kulit telur mentah begitu saja, ada cara lebih baik untuk memakannya.

Jangan Buang Kulit Telur! Karena Kaya Nutrisi Sebaiknya Dimakan SajaFoto: Getty Images

Cuci dan rebus kulit telur terlebih dahulu selama beberapa menit untuk membunuh bakteri. Selanjutnya panggang selama 10 menit di dalam oven dengan panas 200 C. Kemudian, gunakan penggiling kopi atau blender untuk menghancurkannya menjadi bubuk halus.

Setelah menjadi bubuk, bisa tambahkan pada smoothies atau jus untuk tambahan asupan kalsium. Atau bisa juga, ditaburkan pada pizza dan pasta.

(adr/odi)
Load Komentar ...