Apa Benar Minum Air Setelah Makan Semangka Sebabkan Gangguan Pencernaan?

Annisa Trimirasti - detikFood Kamis, 20 Apr 2017 17:28 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Semangka rasanya manis renyah dan kaya air. Tetapi minum air setelah makan buah menyegarkan ini bisa memicu gangguan pencernaan.

Semangka punya berbagai manfaat sehat. Shilpa Arora, Macrobiotic Nutritionist and Health Practitioner, mengatakan, semangka mengandung likopen, kalium dan banyak nutrisi lain. Kandungan seratnyapun jaga proses pencernaan terus berjalan dan jadikan tubuh lebih ramping.

Sedang menurut buku Healing Food oleh DK Publishing House, citrulline, asam amino penting yang ditemukan dalam daging semangka bisa menstimulasi produksi oksida nitrit yang mengatur tekanan darah serta memperlancar aliran darah.

Apa Benar Minum Air Setelah Makan Semangka Sebabkan Gangguan Pencernaan?Foto: iStock/wtrmln wtr
Jadi, tentunya pantas bila Anda menambahkan buah ini dalam diet harian. Bisa dicampur dengan salad, dalam, bentuk jus dan lainnya. Namun ternyata menurut food.ndtv (20/4/17), ada juga mitos tentang semangka seperti banyak orang bilang sebaiknya jangan minum air setelah makan buah ini.

Semangka mengandung 96% air jadi tidak butuh minum air setelahnya. Hal itu dapat ganggu sistem pencernaan dengan mengencerkan serat semangka tersebut. Beberapa ahli berpendapat karena semangka sebagian besar terdiri dari air dan gula dalam bentuk fruktosa, minum tambahan air setelah konsumsi dapat menginfeksi usus.

Menurut Ayurveda, tradisi kesehatan kuno, kombinasi makanan tertentu bisa mengganggu fungsi normal pencernaan dan kacaukan keseimbangan elemen dalam tubuh. Dalam bukunya, Ayuverdic Home Remedies, Dr. Vasant Lad menyarankan untuk jenis melon 'makan mereka sendiri atau tidak sama sekali'.

Apa Benar Minum Air Setelah Makan Semangka Sebabkan Gangguan Pencernaan?Foto: iStock
Ahli gizi Dr. Anjo Sood juga tak menganjurkan minum air setelah makan semangka. Menurutnya hal itu bisa berefek pada saluran pencernaan. Semangka sebagian besar terdiri dari air, gula, dan serat. Mikroba atau bakteri butuh air dan gula untuk berkembang. Jadi, jika Anda minum air setelah makan semangka, kemungkinan mikroba menyebar di saluran pencernaan lebih besar.

Ayurveda merekomendasikan hindari air.Lebih baik makanan apapun bersama dengan semangka. Karena dapat memperlambat penyerapan dan proses pencernaan yang mengakibatkan kondisi perut asam. Beberapa orang dengan pencernaan sensitif juga merasa tidak nyaman saat minum air bersama buah.

Meskipun tidak cukup bukti ilmiah untuk menyebut semangka dan air tidak cocok, lebih baik hindari minum air setelah makan semangka untuk pencegahan. (ani/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com