Gurih Renyah Keripik Umbi

Sering Ngemil Keripik? Hati-hati Berat Badan Naik!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 17 Mar 2017 18:39 WIB
Foto: iStock/food-hacks.wonderhowto.com Foto: iStock/food-hacks.wonderhowto.com
Jakarta - Lapar di sore hari sering terjadi. Akhirnya, banyak orang yang memilih untuk menikmati camilan ringan yang gurih seperti keripik. Padahal kalau kebablasan, bisa berpengaruh terhadap berat badan.

Aneka makanan ringan dengan citarasa gurih selalu menggoda. Keripik kentang, keripik singkong hingga keripik talas yang dijual dalam kemasan memiliki citarasa yang gurih enak. Mulai dari original, balado hingga bbq tersedia.

Disebut sebagai 'extra food' ahli gizi mengatakan bahwa kelompok makanan ini tidak terlalu penting serta tak perlu dikonsumsi setiap hari. Keripik dan juga kerupuk masuk ke dalam kategori extra food.

Sering Ngemil Keripik? Hati-hati Berat Badan Naik!Foto: Popsugar/Thinkstock

"Extra food ini sebaiknya dikonsumsi hanya satu kali seminggu atau dua kali sebulan jika bisa," jelas Leona Victoria Djajadi, MND selaku ahli gizi kepada detikFood (17/03).

Untuk mengetahui porsinya, Anda bisa mengecek informasi gizi terlebih dahulu yang berada di bagian belakang bungkusnya. Dalam satu kantong itu bisa saja untuk 1,2 atau 4 porsi.

Dalam sehari, sekitar jam 9 hingga 10 pagi dan jam 3-4 sore kita memang membutuhkan camilan. Menurut Leona, waktu kudapan ini sebaiknya sudah dijadwal supaya ada pilihan makanan sehat.

Sering Ngemil Keripik? Hati-hati Berat Badan Naik!Foto: iStock

"Pilihannya bisa buah potong, segelas susu, yogurt, energy bar, roti kecil atau segenggam kacang-kacangan (mix trail)," jelas Leona.

Menyiapkan camilan sehat tentu sangat dianjurkan. "Kalau tidak disiapkan, biasanya yang dikonsumsi adalah keripik hingga gorengan. Nah, itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat tanpa disadari. Karena makanan-makanan 'extra food' ini biasanya kosong nutrisi, tinggi kalori seperti gula dan garam," pungkas Leona.

Leona menyarankan jika ingin menikmati jajanan saat di kantor, sebaiknya pilih makanan yang sehat misalnya rujak buah, jagung, kacang atau kedelai rebus serta cincau.

(adr/odi)