Kurang Fokus? Kombinasi Kopi dan Cokelat Bisa Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 13 Mar 2017 20:03 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain enak, minuman ini juga punya manfaat. Studi terbaru menunjukkan bahwa kopi dan cokelat bisa membantu tingkatkan daya konsentrasi di malam hari.

Studi ini dilakukan oleh Clarkson University di New York. Para peneliti telah menemukan bahwa kombinasi kopi dan cokelat yang ditemukan dalam mocha bisa membantu Anda tetap fokus dalam bekerja.

Ali Boolani selaku peneliti dari Clarkson University yang bekerjasama dengan Univeristy of Georgia ini melakukan penelitian mengenai, "Efek akut dari konsumsi kakao yang diseduh dengan daya fokus dan perhatian, motivasi untuk melakukan pekerjaan kognitif dan perasaan cemas, energi dan kelelahan."

Kurang Fokus? Kombinasi Kopi dan Cokelat Bisa Bantu Tingkatkan KonsentrasiFoto: iStock


Dilansir oleh NDTV (08/03), Ali Boolani Clarkson Univeristy mengatakan bahwa kakao atau cokelat dapat meningkatkan aliran darah otak, sehingga dapat meningkatkan kognisi dan perhatian. Kafein sendiri dapat meningkatkan kecemasan. Akan tetapi, proyek khusus ini justru menemukan bahwa kandungan kafein dalam kakao dapat mengurangi efek kecemasan.

Dalam penelitian yang berlangsung hampir satu tahun, peserta diminta untuk meminum kakao yang diseduh. Meliputi, kakao dengan kafein, kafein tanpa kakao, dan placebo minuman panas dengan kafein atau kakao.

Kurang Fokus? Kombinasi Kopi dan Cokelat Bisa Bantu Tingkatkan KonsentrasiFoto: iStock


Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang meminum kakao biasa membuat kesalahan lebih sedikit terkait dengan kurangnya perhatian. Akan tetapi kemudian setelah ditambahkan dengan kafein dan kakao, "efek kognitif" meningkat dan "efek kecemasan" juga berkurang.

"Hasil tes secara keseluruhan menunjukkan bahwa kakao dan kafein adalah pilihan yang baik bagi para siswa dan orang yang ingin meningkatkan perhatian lebih," jelas Boolani kepada Independent. (msa/odi)