Kurangi Kadar Arsenik, Ini Cara Tepat Memasak Nasi yang Sehat

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 09 Feb 2017 08:52 WIB
Halaman 1 dari 4
Foto: iStock
Jakarta -
Bagaimana cara Anda memasak nasi? Banyak orang yang keliru dalam melakukan hal ini. Akibatnya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Untuk mendapatkan tekstur nasi yang sempurna, banyak orang yang menambahkan dua cangkir air untuk satu cangkir beras. Apalagi beberapa orang juga kerap kali menambahkan bumbu khusus untuk membuat rasa nasinya semakin enak.
Eksperimen baru-baru ini menunjukkan bahwa cara memasak nasi yang umum masih menyisakan sisa racun arsenik yang mengontaminasi beras. Zat kimia ini tentu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung, diabetes dan kanker. Kenapa nasi bisa menghasilkan residu berbahaya?
Dilansir dalam Metro (08/02), para ilmuwan percaya bahwa beras dicampur dengan arsenik yang disebabkan oleh racun industri dan residu pestisida yang tersisa.
Salah satu cara untuk memastikan bahwa racun berkurang adalah dengan memasak nasi dengan banyak air atau merendam beras semalam sebelum dimasak.
Sebagai bagian dari program BBC Trust Me, Im'a Doctor. Professor Andy Meharg, ahli biologi dari Queens University Belfast menguji tiga cara yang berbeda dari memasak nasi untuk menurunkan kadar arsenik.
(lus/odi)