Camilan Anak Sekolah

Anak Banyak Ngemil Makanan Manis? Perhatikan Porsinya!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 06 Feb 2017 07:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Camilan Anak Sekolah
Jakarta - Anak-anak sangat suka camilan manis dan minuman manis. Karenanya pemberiannya perlu diperhatikan agar tak merusak asupan nutrisi hariannya.

Di masa pertumbuhan, tentu anak memerlukan asupan makanan yang seimbang. Akan tetapi, lambung anak yang kecil membutuhkan makanan padat gizi. Menurut Sari Sunda Bulan, selaku ahli gizi, gula tambahan untuk anak usia sekolah (7-9 tahun) boleh diberikan maksimal 2-3 sdm.
Anak Banyak Ngemil Makanan Manis? Perhatikan Porsinya!Foto: iStock

Karbohidrat kompleks berasal dari nasi, kentang dan juga mie. Sedangkan karbohidrat sederhana yang ada pada madu dan gula pasir sebaiknya dibatasi jumlahnya. Tidak hanya makanan manis, ibu juga harus memperhatikan minuman kemasan. Minuman berkarbonasi dan jus kemasan mengandung tinggi gula.

"Dalam satu kemasan minuman manis kandungan gulanya bisa berkisar antara 24 hingga 33 gram," ungkap Sari Sunda Bulan, selaku ahli gizi kepada detikFood (03/02).

Padahal menurut WHO untuk orang dewasa asupan gula tambahan maksimal 50 gram. Kelebihan gula di dalam tubuh akan diubah menjadi lemak. Gula yang berlebihan di dalam tubuh akan diproses di hati sehingga jika terus berlanjut akan menimbulkan perlemakan hati.
Anak Banyak Ngemil Makanan Manis? Perhatikan Porsinya!Foto: GettyImages

"Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi syaraf pusat otak. Tapi yang lebih diutamakan adalah karbohidrat kompleks dari buah dengan 2-3 porsi sehari," ujar Sari.

Menurutnya, pisang dengan ukuran besar ini atau jeruk ukuran besar ini sudah mencukup 2 porsi kebutuhan buah anak. Kelebihan gula dalam tubuh akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak. Kelebihan gula juga bisa mengakibatkan fatty liver, kelebihan berat badan dan juga sebabkan karies gigi. (lus/odi)
FOKUS BERITA Camilan Anak Sekolah

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed