Rajin Sarapan Telur dan Kacang Bisa Bantu Susutkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Jan 2017 10:14 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pola makan sehat bisa dimulai dari sarapan. Hindari makanan manis, pelatih kebugaran sarankan untuk konsumsi telur hingga kacang-kacangan.

Jika di awal tahun ini resolusi Anda adalah menurunkan berat badan, pilihlah menu sarapan sehat. Selain rutin melakukan aktifitas fisik, Charles Poliquin, pelatih kebugaran merekomendasikan konsumsi makanan sehat, terutama di pagi hari.

Menurut penelitian, konsumsi sarapan bisa membantu Anda menjaga gerak metabolisme dan baik dilakukan segera setelah bangun tidur. Kira-kira 30-60 menit selepas bangun tidur, ini dilakukan untuk mendapat keuntungan dari potensi pembakaran lemak optimal dalam tubuh.

Rajin Sarapan Telur dan Kacang Bisa Bantu Susutkan Berat BadanFoto: iStock
Tidak seperti kue atau sereal manis, makanan yang mengandung tinggi protein bisa meirilis gula darah secara bertahap sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Dilansir dalam Independent (05/01), makanan tinggi protein seperti daging dan kacang-kacangan bisa membantu Anda lebih berenergi dan fokus serta membatasi keinginan ngemil secara berlebihan.

Menambahkan kacang dalam sarapan juga bisa memberi tambahan lemak sehat yang akan membuat kadar gula darah lebih stabil untuk jangka waktu lama.

Rajin Sarapan Telur dan Kacang Bisa Bantu Susutkan Berat BadanFoto: iStock
Poliquin menjamin bahwa sarapan combo ini sangat ideal sebelum memulai aktifitas. Anda bisa memilih daging sapi, salmon, ayam dan juga aneka jenis ikan lainnya.

Sedangkan untuk kacang-kacangan bisa memilih kacang mete, almond, macadamia, hazelnut dan kacang Brasil. Akan tetapi jika Anda alergi terhadap kacang, bisa memilih alternatif lain seperti telur dan alpukat yang juga tinggi lemak sehat serta buah-buahan seperti pir, strawberry dan blueberry untuk menghindari lonjakan gula darah secara cepat karena mengandung serat. (lus/odi)