Tren Makanan Sehat 2017

Flexitarian Masih Akan Digemari Sebagai Makanan Sehat Tahun Depan

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 12 Des 2016 12:05 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pola makan flexitarian diramalkan akan semakin populer tahun depan. Ini berarti akan banyak sayur dan buah dan kurangi konsumsi daging.

Menurut Whole Foods, pola makan flexitarian akan menjadi salah satu tren makanan yang kembali populer di tahun 2017. Flexitarian merupakan diet yang mengajak seseorang untuk lebih banyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan dengan sesekali konsumsi daging.

Flexitarian Masih Akan Digemari Sebagai Makanan Sehat Tahun DepanFoto: iStock


Flexitarian disebut-sebut sebagai alternatif pola makan bagi Anda yang ingin menganut diet seperti vegetarian penuh atau vegan.

Sebagai flexitarian, Anda hanya boleh konsumsi daging di akhir pekan, ketika makan di luar atau setelah jam 6 sore.

Tentu saja, cara ini bukanlah hal yang baru. Pola makan seperti ini semakin populer saat Sir Richard Branson, Emma Thompson dan Jamie Oliver yang semuanya mendukung kampanye konsumsi makanan bebas daging.

Sebelumya, Paul, Mary dan Stella McCartney juga mengkampanyekan aksi yang sama di tahun 2009.

"Hari Senin tanpa daging menjadi alasan yang paling penting untuk fokus pada beragam makanan beragam jenis sayuran dan buah. Tidak menutup kemungkinan bahwa rabu juga jadi bebas daging," kata Oliver kepada Independent (09/12).

Flexitarian Masih Akan Digemari Sebagai Makanan Sehat Tahun DepanFoto: iStock


Penelitian ini menunjukkan bahwa mengurangi asupan daging punya sejumlah manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko diabetes, kanker dan penyakit jantung. Selain itu, flexitarian juga mengajarkan seseorang bagaimana cara untuk meningkatkan kesehatan mereka tanpa konsumsi daging olahan seperti burger dan steak.

Tidak hanya dari sisi kesehatan, mengurangi konsumsi daging juga baik untuk planet kita. Beberapa organisasi telah memperkirakan bahwa sektor peternakan bisa hasilkan 51 persen dari emisi gas rumah kaca.

Tapi ini bukan satu-satunya cara kita untuk mengatur kesehatan. Para ahli baru-baru ini juga memprediksi bahwa quinoa yang dibuat menjadi pasta, gula kelapa, tepung dan makanan berwarna ungu jadi tren yang akan muncul juga tahun depan. (msa/odi)