Tren Makanan Sehat 2017

Biji Wijen dan Kacang Merah Ternyata Punya Kandungan Nutrisi yang Sama dengan Chia Seed

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Des 2016 18:50 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Chia seed jadi salah satu superfood yang digemari. Padahal bahan lokal punya kandungan nutrisi yang sama.

Chia seed jadi salah satu bahan makanan superfood yang sering dijadikan makanan untuk berdiet. Chia seed dikenal mengandung kaya serat, dapat mengendalikan nafsu makan, dan mengandung lemak sehat yang berperan penting untuk fungsi otak dan kesehatan jantung. Selain itu juga mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk tubuh.

Banyak orang yang sering mencampurkan chia seed dalam smoothies, salad hingga oatmeal.

Biji Wijen dan Kacang Merah Ternyata Punya Kandungan Nutrisi yang Sama dengan <i>Chia Seed</i>Foto: iStock

'Superfood' sering dijadikan kata yang digunakan untuk menggambarkan makanan yang memiliki kandungan gizi hebat, terutama yang sedang tren. Akan tetapi anggapan ini menurut ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M. Kes kurang tepat.

"Di gizi, kita tidak mengenal kata superfood. Ini menurut saya mungkin muncul hanya karena produk mereka saja," tutur wanita yang juga menjadi dosen di Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 kepada detikFood (06/12).

Menurutnya, makanan bisa dikatakan superfood jika dipadu padankan dengan bahan makanan lain sehingga gizinya lengkap dan seimbang.

Chia seed adalah produk import yang harganya mahal. Jika ingin mendapatkan asupan gizi yang sama dengan chia seed, Anda bisa memilih produk lokal yang lebih terjangkau, dengan kandungan gizi yang sama.

Biji Wijen dan Kacang Merah Ternyata Punya Kandungan Nutrisi yang Sama dengan <i>Chia Seed</i>Foto: iStock

"Kacang merah bisa jadi pengganti chia seed karena mengandung protein dan asam lemak. Selain itu kacang hijau dan wijen juga tinggi akan asam lemak essensial," tutur Rita.

Chia seed kaya akan asam lemak, tapi apakah tinggi mikronutrien? Ternyata chia seed rendah vitamin C. Untuk produk lokal, Anda bisa menggunakan sari kacang kedelai, kacang hijau tumbuk dan kacang merah rebus untuk campuran smoothies.

(adr/odi)