Tren Makanan Sehat 2017

Daging Imitasi Berbahan Nabati Akan Jadi Makanan Favorit Tahun 2017

Maya Safira - detikFood Kamis, 08 Des 2016 16:30 WIB
Foto: Impossible Foods Foto: Impossible Foods
Jakarta - Masalah kesehatan dan dampak buruk bagi lingkungan mempengaruhi konsumsi daging merah. Karena itu daging imitasi diperkirakan makin populer tahun depan.

Konsultan riset pasar di New York, Baum + Whiteman, memprediksi berbagai tren untuk tahun depan. Seperti konsumsi Bowl Food.

Pada laporan tren makanan dan restoran terbaru mereka, sempat disebutkan juga mengenai daging imitasi, lapor AFP (28/11). Perkiraan didasarkan pada perkembangan baru-baru ini terkait daging imitasi. Keberadaan daging imitasi sebagai alternatif untuk membantu orang-orang mengurangi konsumsi daging merah.

Burger vegetarian sendiri umumnya punya tampilan dan rasa berbeda dengan protein daging. Sementara produk makanan dari Beyond Meat dan Impossible Foods, mengembangkan patty burger berbasis tumbuhan yang dimaksudkan meniru tampilan, aroma, rasa hingga suara patty daging yang mendesis di atas panggangan.

Daging Imitasi Berbahan Nabati Akan Jadi Makanan Favorit Tahun 2017Foto: Impossible Foods


Impossible Foods, misalnya, menciptakan burger sayuran dari beberapa bahan nabati. Seperti gandum, minyak kelapa dan protein kentang. Ada juga pemakaian zat bernama leghemoglobin atau heme pada tumbuhan yang menyerupai tampilan dan rasa burger daging sapi mentah lengkap dengan 'darah'.

Produk patty buatan dari Impossible Foods itu tersedia di Momofuku Nishi New York, Cockscomb dan Jardinière di San Francisco serta Crossroads Kitchen di Los Angeles.

Beyond Meat sendiri juga merupakan burger berbasis nabati yang memiliki rasa, tampilan dan cara masak seperti daging merah. Produk tersebar di toko Whole Foods di Amerika Serikat.

Daging Imitasi Berbahan Nabati Akan Jadi Makanan Favorit Tahun 2017Foto: Beyond Meat


Restoran-restoran mulai ikut berkreasi dengan hidangan tanpa daging. Contohnya restoran Ladybird di New York punya vegetable charcuterie plate yang menggati salami dan ham dengan wortel asap, cured beet, pate jamur, beet chorizo, cultured cheese dan fig compote.

Toko-toko sayuran juga menyediakan makanan mirip daging. Antara lain bahan makanan yang mirip salami, sosis, bakso, daging sapi panggang dan iga. (msa/odi)