Tren Makanan Sehat 2017

Jus dan Biji Semangka Diprediksi Jadi Tren Makanan Sehat Baru

Maya Safira - detikFood Rabu, 07 Des 2016 18:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tahun ini, air kelapa sempat menjadi tren minuman sehat. Diprediksi jus semangka akan menggeser posisi tersebut tahun 2017.

Jus semangka sudah dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya.

Mungkin tak terpikirkan bahwa jus semangka dianggap menjadi superfood terbaru. Jus semangka kini mulai menjadi tren di Amerika.

Ada peran kecil Beyonce dalam mempopulerkan minuman itu, lapor Good Food (25/11). Baru-baru ini Beyonce melakukan investasi pada bisnis produk WTRMLN WTR (baca: watermelon water). Sehingga diprediksi jus semangka nantinya akan menjadi tren.

Jus dan Biji Semangka Diprediksi Jadi Tren Makanan Sehat BaruFoto: WTRMLN WTR/Instagram


WTRMLN WTR merupakan cold-pressed jus semangka yang diracik dari semangka dan sedikit lemon. Jus itu disebut sebagai "masa depan dari hidrasi murni dan alami". Bahkan slogannya berbunyi "Deliciously Hydrating".

Klaimnya, WTRMLN WTR dikemas dengan elektrolit dan L-Citrulline (sebuah asam amino yang mengurangi rasa sakit pada otot dan meningkatkan kinerja tubuh). Sehingga dianggap bisa mengambil alih pasar air kelapa karena sama-sama mengandung gula alami dan manfaat hidrasi.

Tidak cuma jus dari semangka yang dianggap baik. Sekarang mulai banyak orang membeli biji semangka yang selama ini dibuang saat menyantap buahnya.

Brand Inggris, Mello, telah menjual biji semangka sebagai camilan tinggi protein. Mello menghilangkan kulit hitam semangka yang pahit dan kemudian memanggangnya. Biji pun diberi sedikit garam.

Jus dan Biji Semangka Diprediksi Jadi Tren Makanan Sehat BaruFoto: iStock


Gerai makanan sehat dan toko-toko di Amerika juga sudah mulai menjual biji semangka. Dan Churchill, penulis buku The Healthy Cook, mengatakan tekstur dan rasanya mirip biji bunga matahari.

Joanna McMillan, ahli gizi di Sydney, mengatakan pada biji semangka memang mengandung nutrisi penting sama seperti biji-bijian lain. Contohnya saja lemak baik dan serat.

Sementara untuk jus, McMillan tidak begitu yakin dengan tren ini. Menurutnya, itu hanyalah sebuah tren sesaat tanpa dukungan bukti ilmiah.

"Air semangka tinggi akan gula (meski secara alami sudah ada). Ketika merasa dehidrasi, orang hanya perlu air putih. Tapi jika Anda mencari manfaat kesehatan, konsumsi buat semangka utuh adalah pilihan terbaik dengan kalori rendah," ujarnya seperti dilansir dari Good Food. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com