Hanya Konsumsi Buah dan Air Lemon untuk Sarapan, Bisakah Turunkan Berat Badan?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 24 Nov 2016 14:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak alasan kenapa orang tidak sarapan. Salah satunya adalah tidak biasa hingga takut gemuk. Sehingga banyak orang memilih konsumsi buah.

Beragam alasan utama tidak sarapan bagi sebagian orang adalah 53,5 persen tidak biasa, 26,4 persen waktu terbatas, 15,5 persen tidak lapar dan 4,6 persen kuatir gemuk.

Satu dari tiga orang dewasa di Indonesia terutama yang tinggal di kota-kota besar sering melewatkan sarapan. Hanya ada sekitar 8,1 persen dari wanita yang mengonsumsi sarapan seimbang.

Hanya Konsumsi Buah dan Air Lemon untuk Sarapan, Bisa Turunkan Berat Badan?Foto: iStock
Walaupun dinilai rendah kalori akan tetapi konsumsi buah saja saat sarapan bisa membuat Anda mudah lapar jika aktivitas yang Anda lakukan cukup berat.

"Sarapan buah ini tergantung usia. Kalau lansia yang kerjanya ringan disarankan untuk konsumsi buah saat sarapan. Hal ini karena lambungnya semakin asam sehingga perlu konsumsi makanan bersifat alkalin, salah satunya buah dan sayuran segar," tutur Prof. Hardinsyah, MS. PhD dalam acara BelVita Breakfast 'Wholesome and Balanced Breakfast fot Productive On-the-Go Lifestyle' di Satoo Garden, Shangri-La Jakarta pada (22/11).

Menurut Hardinsyah, jika Anda adalah seorang yang aktif sebaiknya jangan hanya sarapan buah. Anda bisa menambahkannya dengan susu, roti gandum atau biskuit gandum utuh sehingga tidak mudah lapar diantara jam makan siang.

Hanya Konsumsi Buah dan Air Lemon untuk Sarapan, Bisa Turunkan Berat Badan?Foto: iStock
Berbicara tentang fenomenal kegemukan, ada juga orang yang hanya konsumsi air jeruk lemon di pagi hari. Efektifkah?

"Kalau mau kurus kan semua jumlah makanan dikurangi, pagi, siang dan malam ditambah dengan olahraga. Kalau minum lemon tapi tidak olahraga ya tidak akan kurus," ungkap Hardinsyah.

Untuk menjaga tubuh agar tetap ideal, Hardinsyah juga menyarankan untuk mengikuti pola gizi yang seimbang. Separuh dari piring makanan kita harus berasal dari sayur dan buah. "Meskipun sudah setengah piring sayur dan buah tapi kalau minumnya tetap manis, tiga gelas sehari misalnya, ini tidak akan terwujud pola hidup sehatnya," jelas Hardin.

Jadi konsumsi sayur dan buah penting dan jangan lupa batasi gula, garam dan lemak serta ditunjang dengan olahraga akan hasilkan tubuh yang ideal dan sehat. (lus/odi)