Jika Mau Awet Muda, Seringlah Makan Brokoli

Sonia Permata - detikFood Kamis, 03 Nov 2016 11:40 WIB
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Karena kandungan nutrisinya, brokoli dikenal sebagai makanan super. Konsumsi sayuran hijau ini juga bisa membuat Anda awet muda.

Tak suka brokoli? Sebaiknya pikirkan kembali. Karena banyak penelitian yang menyebut alasan kuat Anda harus mengonsumsi brokoli secara rutin.

Sayuran brokoli dikenal sebagai sumber terbesar dari zat antioksidan yang berperan melindungi tubuh dari serangan penyakit, gangguan pernapasan, mencegah risiko terkena kanker, dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Zat gizi yang terkandung dalam brokoli diantaranya serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral penting.

Jika Mau Awet Muda, Seringlah Makan BrokoliFoto: GettyImages

Dikabarkan oleh nydailynews.com (28/10/16), sebuah penelitian baru-baru ini menemukan obat alami untuk membuat orang tampak awet muda dengan konsumsi sayuran brokoli.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Cell Metabolism, para peneliti dari Washington University School of Medicine di St Louis menemukan nicotinamide mononukleotida (NMN) dalam brokoli. Salah satu senyawa yang berperan penting dalam metabolisme energi.

Kandungan nutrisi ini memiliki efek yang membuat orang terlihat jauh lebih muda. Seperti dibuktikan melalui seekor tikus percobaan yang mengalami penuaan secara normal.

Jika Mau Awet Muda, Seringlah Makan BrokoliFoto: GettyImages

Setelah melakukan penelitian, ternyata brokoli berkhasiat meningkatkan metabolisme tikus, berat badan menurun dan dengan kondisi usia yang terlihat lebih muda. Penglihatan membaik dan kadar gula darah meningkat.

Secara singkat semua tikus percobaan bergerak jauh lebih gesit setelah meminum kandungan NMN brokoli yang dicampurkan di dalam air minum mereka.

Jika Mau Awet Muda, Seringlah Makan BrokoliFoto: GettyImages

Walaupun banyak orang yang tidak menyukai brokoli karena rasanya yang sedikit pahit dan teksturnya keras tapi kandungan nutrisinya sangat bagus. Kandungan NMN yang sama juga ditemukan di dalam mentimun, kubis, dan edamame.

Akan tetapi penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk meneliti kandungan NMN lebih dalam dan kaitannya terhadap peremajaan sistem tubuh. Sementara itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai sering makan brokoli. (ani/odi)