Sebelum Mulai Jalani Diet Vegan, Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

Lusiana Mustinda - detikFood
Selasa, 13 Sep 2016 15:25 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Untuk dapatkan tubuh ramping, banyak orang beralih ke pola makan vegan. Padahal, diet vegan secara ketat bisa membuat orang kurang nutrisi.

Diet vegan merupakan diet vegetarian yang tidak mengonsumsi daging, telur, produk susu dan semua produk turunan dari hewani.

Diet ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti turunkan berat badan, perpanjang umur dan membuat awet muda. Akan tetapi dalam Journal Nutrition Society menyebutkan bahwa diet vegan tidak menyediakan seluruh vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh agar berfungsi dengan benar.

Dilansir dalam Medical Daily (12/09), ada dua jenis nutrisi yang mungkin sulit didapatkan dari produk nabati. Salah satunya adalah vitamin B12 yang ditemukan dalam telur dan daging dan omega 3 juga ditemukan dalam lemak ikan.

Dengan pola makan nabati murni, sulit untuk mencapai pasokan beberapa nutrisi ini secara cukup. Padahal vitamin B12 yang hanya ditemukan pada bahan makanan hewani dapat berperan penting dalam pembentukan sel darah dan fungsi otak.

Walaupun begitu, kini vegan tak perlu khawatir. Pasalnya, vitamin B12 ini sering ditambahkan ke dalam makanan berbasis produk non hewani seperti sereal fortifikasi serta dalam bentuk suplemen. Flaxseed juga jadi salah satu biji-bijian yang kaya serta, vitamin serta omega 3 yang bisa dipilih oleh penganut diet vegan. (lus/odi)