Karbohidrat Bisa Jadi Unsur Cita Rasa Keenam

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Sep 2016 13:55 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selama ini manusia mengenal 5 cita rasa. Namun penelitian membuktikan karbohidrat bisa jadi cita rasa keenam.

Awalnya indera pengecap manusia mengenal 4 rasa dasar yaitu manis, asam, pahit, dan asin. Namun para peneliti kemudian menambahkan rasa kelima yaitu umami yang menggambarkan kelezatan masakan.

Baru-baru ini peneliti menemukan karbohidrat mungkin bisa jadi unsur cita rasa yang dimiliki manusia. Mashable (11/9) melaporkan Juyun Lim, peneliti dari Oregon State University fokus mencari tahu hal tersebut.

Saat ia menyajikan makanan dengan karbohidrat berbeda pada partisipan, mereka ternyata bisa merasakan karbohidrat. Baik pada rantai karbohidrat panjang maupun pendek.


"Orang Asia akan mengatakan rasanya seperti nasi. Sementara orang Kaukasia mendeskripsikannya dengan rasa mirip roti atau mirip pasta. Ini seperti makan tepung," ujar Lim.

Reseptor rasa manis partisipan sebelumnya telah dihambat. Hal ini mengisyaratkan mereka bisa mendeteksi rasa karbohidrat bahkan sebelum karbohidrat dipecah menjadi molekul gula. Banyak bukti menunjukkan rantai pendek karbohidrat memberi cita rasa floury atau seperti tepung.

Menurut Lim, hasil penelitian ini merupakan yang pertama menggambarkan pati atau karbohidrat mungkin menjadi unsur cita rasa manusia.

Sementara itu, Michael Tordoff Ph.D. dari Monell Chemical Senses Center sependapat dengan temuan ini. Ia mengatakan bisa jadi keinginan manusia melahap makanan berkarbohidrat paling tidak didorong sebagian oleh keinginan menikmati rasa karbohidrat tersebut.


Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menetapkan apakah karbohidrat atau zat tepung bisa dipertimbangkan sebagai unsur cita rasa.

Seperti diketahui cita rasa haruslah dapat dikenali, memiliki serangkaian reseptor sendiri di lidah, dan memicu beberapa respon fisiologis, serta berguna untuk tubuh manusia.

Lim merasa kriteria terakhir adalah kunci. Ini sehubungan dengan karbohidrat yang bisa menurunkan pelepasan energi oleh tubuh. "Gula terasa enak pada jangka pendek. Tetapi jika Anda ditawari cokelat dan roti, Anda mungkin makan sedikit cokelat, namun memilih roti dalam jumlah banyak atau sebagai asupan harian," pungkas Lim.

Sebelumnya, peneliti juga menyoroti lemak sebagai unsur cita rasa keenam. Richard Mattes mengatakan asam lemak ternyata memiliki rasa khas yang bisa dikenali para partisipan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com