Sajian Lezat Idul Adha

Ini Porsi Konsumsi Daging Menurut Ahli Gizi

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 12 Sep 2016 09:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Banyak sajian daging sapi dan kambing saat Idul Adha. Sebelum kalap menyantapnya, coba cek dulu porsi konsumsi dari ahli gizi.

Agar tetap aman saat mengonsumsi daging merah, tentu perlu memperhatikan porsi dagingnya. Selain itu, mengolah makanan dengan cara yang benar juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Seperti diungkap oleh ahli nutrisi Sian Porter dari British Dietetic Association, kita bisa mengukur porsi makan dengan bantuan tangan. Hal ini juga disebut cukup ideal karena besaran tangan mengikuti jenis kelamin dan perkembangan usia seseorang.


Porsi daging sebaiknya tidak lebih dari seukuran telapak tangan (tidak termasuk jari) untuk tiap kali makan. Berat daging seukuran ini kira-kira 100 gram dengan ketebalan sekitar setumpukan kartu.

"Protein perlu dicerna sepanjang hari karenanya tiap kali makan jumlahnya tidak perlu terlalu banyak," ujar Sian Porter. Ia menyarankan konsumsi daging merah tidak boleh lebih dari 500 gram per minggu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Victoria Djajadi (24/8) selaku ahli gizi yang mengatakan jika makan daging utuh, ukuran yang direkomendasikan adalah sebesar dan setebal telapak tangan. Kira-kira sekitar 100-140 gram.


Victoria menyarankan agar konsumsi diet tinggi protein sebaiknya digabungkan dengan konsumsi makanan tinggi serat agar memberikan rasa kenyang lebih lama.

Daging sapi ataupun kambing juga sering diolah dengan tambahan santan. "Jadi kalau dimasak dengan santan sebaiknya dihindari. Pilih potongan dagingnya saja," tutup Victoria.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha