Sajian Lezat Idul Adha

Ini Dia Kandungan Nutrisi Setiap 100 Gram Daging Sapi dan Kambing

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 11 Sep 2016 09:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Saat perayaan Idul Adha sudah pasti tiap orang memiliki stok daging di rumah. Baik sapi atau kambing mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan, asalkan tak berlebihan.

Setelah pemotongan hewan kurban, banyak orang yang mengolah daging sapi dan kambing menjadi sate, gulai, sup hingga campuran nasi a la Timur Tengah.



Kedua daging ini mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam 100 gram daging kambing mengandung 149 Kkal, 16,6 gr protein, 9,2 gr lemak, 11 mg kalsium dan 1 mg zat besi. Sedangkan untuk 100 gram daging sapi mengandung 201 Kkal, 18,8 gr protein, 14 gr lemak, 11 mg kalsium dan 2,8 mg zat besi.

Protein yang terkandung dalam daging dapat membantu produksi jaringan otot baru, produksi antibodi serta melindungi tubuh dari infeksi.



Warna merah yang dihasilkan dari daging sapi dan kambing mengandung banyak zat besi. Zat besi inilah yang memproduksi hemoglobin yang nantinya akan mengantarkan oksigen dari darah ke seluruh sel otot.

Agar lebih sehat, sebaiknya olah daging sapi menjadi sajian sup ataupun soto bening dengan tambahan sayuran. Jangan tambahkan MSG dan juga hindari konsumsi daging dengan lemak tinggi. (msa/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha