Makanan Rumah Sakit

Ini Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Pasien Jantung

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 05 Sep 2016 17:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Rumah Sakit
Jakarta - Pasien jantung harus cermat memilih makanan. Ahli gizi menyarankan konsumsi makanan sehat untuk ringankan kerja jantung.

Pasien jantung perlu menjalani diet khusus. Tujuannya adalah agar makanan yang dikonsumsi tidak memberatkan kerja jantung.

Ahli Gizi Jansen Ongko, MSc, RD (01/09) menyarankan untuk makan lebih banyak ikan karena merupakan sumber protein dan kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Asam lemak omega 3 berperan mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

"Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh karena kaya vitamin, mineral, dan serat," pungkas Jansen.

Selain itu, pasien dengan penyakit jantung juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans seperti makanan yang digoreng, makanan cepat saji, makanan dengan proses pengolahan tinggi. Lemak trans dapat sebabkan peningkatan kolesterol LDL (low density lipoprotein)

"Batasi kadar lemak jenuh tidak lebih dari 7 persen sampai 10 persen kalori dan batasi kolesterol tidak lebih dari 300 miligram kolesterol per hari," jelas pria ramah ini.

Membaca label makanan sebelum dikonsumsi juga perlu dilakukan untuk melihat berapa banyak kandungan lemak jenuh dalam makanan. Terutama pada bahan makanan seperti mentega, margarin, saus untuk salad, makanan yang digoreng, makanan ringan, makanan manis dan kue.

Batasi juga penggunaan garam. Ini bertujuan agar membantu mengendalikan tekanan darah. "Karena tekanan darah tinggi akan membertkan kerja jantung," ujar Jansen. (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Rumah Sakit