Konsumsi Sup dan Rempah Bisa Jadi Cara Alami Redakan Sinus

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 31 Agu 2016 09:36 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sinus bisa terjadi akibat alergi, udara dingin atau infeksi bakteri. Hal ini dapat sebabkan beragam gangguan kesehatan. Bahan-bahan alami bisa mengatasinya.

Ada empat jenis masalah sinus umum. Sinus akut biasanya berlangsung selama 4 minggu atau kurang, sub akut berlangsung selama 4 sampai 8 minggu, sinus kronis berlangsung 8 minggu atau lebih.

Makanan tertentu dapat memicu gejala sinus dan perlu dihindari, seperti makanan yang digoreng dan bertepung, nasi, daging dan rempah-rempah kuat. Konsumsi secara rutin makanan yang mengandung vitamin A dapat membantu tubuh membangun pertahanan yang kuat terhadap infeksi sinus.

Dr Ashutosh Gautam, selaku Clinical Operations dan Coordinatuin Manager, Baidyanath menyarankan beberapa tindakan pencegahan dengan makanan.

"Produk susu terutama keju, yoghurt dan es krim perlu dihindari. Selain itu cokelat, gula dan makanan yang mengandung ragi dapat memicu produksi lendir yang berlebih pada sinus serta tidak konsumsi minuman dingin. Karena asupan cairan dingin akan berpengaruh terhadap silia dalam hidung, sehingga sulit bagi lendir mengalir melalui saluran hidung," jelasnya.

Berikut ini ada beberapa langkah alami yang bisa Anda lakukan untuk redakan sinus yang dilansir dalam NDTV (30/08).

1. Tetap terhidrasi

Konsumsi air, teh atau jus tanpa gula adalah cara yang baik untuk menjaga sistem tubuh agar tetap terhidrasi. Cairan ini dapat membantu menepis lendir dan membawa bantuan ke sinus yang teriritasi. Anda harus menghindari konsumsi alkohol, kafein dan merokok yang menyebabkan dehidrasi.

2. Rempah-rempah pedas

Rempah-rempah seperti cabai rawit dengan sifat anti inflamasi dan antibakteri dapat membantu dalam memecah dan mengalirkan keluar lendir yang padat. Demikian pula horseradish yang dicampurkan ke dalam cuka sari apel dan jus lemon dapat emnjadi obat mujarab yang dapat membantu larutkan lendir.

Sebagai alternatif, 1/4 sendok teh akar horseradish parut bisa dimasukkan ke dalam mulut selama beberapa menit, setelah rasanya menguap dapat ditelan.

3. Penguapan

Uap panas bisa redakan sinus. Tambahkan 3 tetes minyak pinus atau minyak rosemary dengan 3 tetes peppermint dan 2 tetes minyak akyu putih ke dalam mangkuk berisi air panass atau tambahkan 3 tetes minyak rosemary dengan 1 tetes thyme dan minyak peppermint.

Cara menguapinya dengan bagian wajah Anda menghadap ke air dan menutupi bagian kepala belakang dengan handuk agar uap secara optimal dapat terhirup melalui hidung Anda.

4. Kunyit dan jahe

Tidak hanya mengandung anti inflamasi, tapi kunyit juga kaya akan antioksidan. Ketika dikombinasikan dengan jahe dan diseduh dalam teh panas, kombinasi ini dapat membantu melonggarkan lendir dari saluran hidung tersumbat. Dalam bukunya 'The Complete Book of Aryuvedic Home Remedies', Vasant Land menunjukkan bahwa campuran jus jahe segar dengan 1 sdt madu yang dikonsumsi 2 hingga 3 kali sehari bisa membantu.

5. Cuka sari apel
Cuka sari apel merupakan bahan alami dengan banyak manfaat kesehatan. Secangkir air panas atau teh yang diminum tiga kali sehari dengan dua atau tiga sendok makan cuka sari apel dapat membantu encerkan lendit berlebihan. Campurkan dengan lemon dan madu secukupnya agar rasanya lebih enak.

6. Sup
Sejumlah studi mendukung manfaat dari sup yang dapat membantu mengurangi kemacetan lendir. Sup ayam yang dipadukan dengan sayuran dan rempah segar jadi salah satu resep yang sangat baik untuk redakan sinus. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com