Konsumsi 10 Makanan Enak Ini Bisa Picu Perasaan Senang (2)

Maya Safira - detikFood Minggu, 28 Agu 2016 12:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Makanan tidak hanya membuat kenyang. Tapi ada makanan yang bisa membuat suasana hati jadi lebih baik.

Kandungan senyawa dalam makanan juga bisa menyeimbangkan suasana hati. Sehingga memicu timbulnya rasa bahagia. Ada beberapa makanan yang disarankan ahli gizi guna menghalau depresi. Berikut beberapa diantaranya seperti dilansir dari Daily Record (18/08).

6. Pisang
Mungkin Anda pernah mendengar serotonin sebagai hormon bahagia. Sehingga masuk akal jika mengasup makanan yang kaya akan senyawa ini, misalnya pisang.

Lily Soutter, ahli gizi dan penurunan berat badan di Inggris, menuturkan bahwa dengan meningkatkan serotonin, maka dapat ikut memperbaiki suasana hati. Selain pisang, alternatif lainnya adalah kiwi, plum, tomat dan walnut.

7. Kedelai



Ahli gizi Dr. Marilyn Glenville mengatakan tubuh membentuk serotonin dari asam amino bernama tryptophan. Ini merupakan asam amino yang pentung untuk depresi. Tryptophan ada di kedelai, produk susu, kurma kering dan kalkun.

8. Oatmeal



Mengawali hari dengan konsumsi oatmeal bisa menentukan suasana hati. Karena kandungan vitamin B12 didalamnya.

"Vitamin B12 dan vitamin B lainnya diketahui berperan dalam memproduksi dan menstabilkan senyawa di otak untuk meningkatkan suasana hati. Penting ada asupan yang cukup dari itu agar merasa baik," ujar Lily.

9. Kayu manis



Ketika sedang merasa sedih, tentu akan tergoda menikmati comfort food.

"Karbohidrat dan gula sering disebut 'comfort food' karena merangsa pelepasan neurotransmitter bahagia seperti endorfin dan dopamin. Sayangnya mereka hanya memberi perbaikan cepat sementara dan dapat merangsang keinginan makan selanjutnya," jelas Lily.

Sebaiknya, coba taburkan satu sendok kayu manis pada makanan. Menurut Lily, kayu manis membantu menjaga kadar gula darah seimbang. Ini meminimalkan lonjakan insulin yang menyebabkan rasa lapar dan keinginan makan karbohidrat lebih lanjut.

10. Teh hijau



Menyesap teh hijau sambil makan juga pilihan baik meningkatkan suasana hati.

"Teh hijau merupakan peningkat suasana hati yang sangat baik. Ini mengandung kafein dan juga amino acid theanine, yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres mental," ungkap Shona Wilkinson, seorang ahli gizi. (msa/odi)