Kombinasikan Jus Buah dan Sayur Ini Untuk Pencernaan Lebih Lancar

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 27 Agu 2016 13:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kombinasi sayur dan buah diperlukan tubuh. Jus yang tidak mengandung banyak gula sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari.

Banyak orang menganggap jus adalah minuman yang baik. Akan tetapi pastikan jus tidak dicampurkan dengan gula dan tidak menyaring kulit air agar tak kehilangan serat.

Sebaiknya siapkan jus sendiri di rumah. Hindari konsumsi jus kemasan karena mengandung pengawet dan tinggi gula.

Berikut ini daftar beberapa jus yang kaya akan manfaat.

1. Wortel, jahe dan apel



Tak hanya hasilkan rasa yang enak. Kombinasi antara wortel dan apel menyebabkan rasa yang manis. Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan apel tinggi akan serat dan antioksidan. Agar semakin sehat, beri sedikit perasan jahe.

Jahe memiliki sifat yang unik karena dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, mengurangi peradangan, menghangatkan tubuh untuk mempercepat metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai anti virus.

Konsumsi seminggu sekali untuk bantu detoksifikasi tubuh.

2. Tomat, wortel dan apel



Antioksidan tinggi dapat melawan radikal bebas. Racikan tomat, wortel dan apel juga mengandung banyak vitamin serta mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Apel, mentimun dan seledri



Kombinasi ketiga jenis sayur dan buah ini dapat redakan sakit kepala dan redakan sakit perut. Selain itu, juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan mencegah kanker.

4. Nanas, apel dan semangka



Nanas dan apel sama-sama mengandung vitamin C. Kombinasi jus ini dapat hasilkan rasa yang segar manis. Vitamin A,C,E dan K banyak terkandung dalam nanas. Selain itu ada juga beberapa kandungan mineral seperti kalium, kalsium, elektrolit dan phyto-nutrients sepetri karoten.

Nanas adalah sumber yang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi Anda dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis dan berbagai jenis kanker. Vitamin A dan C juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Sedangkan semangka tinggi akan kandungan air dan apel kaya akan serat.

5. Pisang, nanas dan susu



Untuk cegah sembelit, Anda dapat meracik pisang nanas jadi satu. Kalau ingin menambah kandungan kalsium dan protein dalam jus, Anda dapat tambahkan susu. Minuman ini bisa Anda konsumsi dengan camilan atau bahkan saat sarapan.

6. Wortel, apel, pir dan mangga
Kalau bosan konsumsi jus satu jenis buah, Anda bisa meraciknya dengan 4 jenis buah dan sayur ini. Wortel, apel, pir dan mangga yang diracik jadi satu dapat membantu tingkatkan asupan vitamin dan serat. Sehingga dapat bantu tingkatkan sistim imunitas. (msa/odi)