Kopi dan Bit, Bahan Alami untuk Atasi Tekanan Darah Rendah (2)

Aisyah Kamaliah - detikFood Kamis, 25 Agu 2016 14:07 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Selai minum obat dokter tekanan darah dapat dikendalikan lewat makanan. Beberapa makanan mengandung nutrisi yang bisa menormalkan tekanan darah.

Kecuali air garam dan kopi, teratur mengonsumsi makanan berikut ini juga bisa menjaga tekanan darah tetap stabil.

6. Bit



Dengan minum segelas jus bit dua kali sehari selama seminggu, tekanan darah akan kembali menjadi normal. Selain bit bisa juga mengonsumsi jus buah lainnya yang punya khasiat sama.

7. Almond dan susu



Dua minuman ini berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Anda bisa merendam 5-6 biji almond semalaman. Di pagi hari, kupas almond kemudian haluskan. Lalu, rebus almond tersebut bersama susu. Minum secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

8. Rosemary



Tanaman herbal yang satu ini dapat menstimulasi bagian saraf sentral dan memperlancar sirkulasi darah. Untuk menetralkan tekanan darah, cukup menenggak 10 ml ekstrak rosemary per hari. Rosemary segar bisa ditambahkan dalam makanan atau teteskan 3-4 tetes rosemary untuk aromaterapi.

9. Jus wortel
Minum jus wortel segar dengan tambahan sedikit madu untuk menormalkan tekanan darah. Minum dua kali sehari setiap hari.

10. Jus lemon



Darah rendah bisa terjadi karena dehidrasi. Jus lemon bukan cuma baik untuk penderita darah tinggi, tetapi juga ampuh untuk menaikkan tekanan darah yang rendah.

Buat jus lemon dengan campuran sedikit garam dan gula. Racikan ini membantu kerja hati dan membantu pencernaan. Atau campur segelas jus tebu dengan 1 sdt jus lemon dan sedikit garam. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com