Redakan Morning Sickness dengan 5 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 03 Agu 2016 19:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat trimester awal, mual sering terjadi di pagi hari. Padahal di usia kehamilan ini ibu sangat perlu nutrisi untuk perkembangan otak dan tubuh janin.

Walaupun merasa mual, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bergizi. Lebih dari 50 persen dari wanita hamil sering alami morning sickness. Berikut ini bebeberapa cara mudah untuk mengurangi rasa mual di pagi hari.

1. Makan porsi kecil
Mengonsumsi porsi besar bisa menyebabkan mual serta begah. Untuk mengurangi rasa mual, Anda dapat mengonsumsi 3-4 kali porsi makanan kecil.

Kebiasaan makan dengan cara ini dapat mengurangi keasaman pada lambung dan kurangi rasa mual. Sehingga saat bangun tidur, sebaiknya konsumsi biskuit atau crackers untuk mengisi perut.

2. Konsumsi buah segar

Buah seperti apel, anggur, pisang dan semangka bisa membantu tambahkan nutrisi harian Anda. Tak hanya mengandung air, buah segar juga memiliki efek pendingin karena panas tubuh dapat memperburuk morning sickness.

Buah segar bisa dikonsumsi dalam bentuk potongan, salad ataupun smoothies. Serat yang terkandung dalam buah juga sangat baik untuk ibu hamil agar terhindar dari sembelit.

3. Air jeruk

Jeruk dan lemon bisa membantu kurangi mual. Cara mengonsumsinya bisa dengan menambahkan perasan air lemon dalam teh hangat atau dibuat dengan cara infused water.

4. Konsumsi protein dan makanan bergizi

Di usia ini pertumbuhan organ dan otak mulai dibentuk. Karena itu pilihlah makanan yang bergizi dan kaya protein seperti kedelai, brokoli, jamur, telur dan juga ayam.

5. Peppermint
Memiliki aroma yang khas peppermint bisa dikonsumsi salam bentuk teh untuk redakan mual. Selain itu, minyak peppermint juga bisa dihirup untuk redakan rasa mual.

(adr/odi)