Apa Benar Air Kelapa dan Biji Chia Bernutrisi Hebat? (1)

Aisyah Kamalia - detikFood Selasa, 02 Agu 2016 11:08 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pelaku hidup sehat menyebut madu, biji chia, dan cokelat sebagai makanan bergizi super. Para ahli nutrisipun memberikan konfirmasinya.

Gaya hidup sehat membuat banyak orang mendewakan beberapa makanan sebagai 'superfood'. Dari madu, cokelat hingga wheat grass. Apakah kandungan nutrisinya benar-benar hebat? Dilansir dari Mirror (25/7/16) berikut ini beberapa makanan yang masuk daftar makanan super.

1. Sushi


Sushi umumnya terdiri dari nasi, ikan segar dan sedikit sayuran juga nori. Namun, jumlah protein dan sayur sushi masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih. Ahli nutrisi Shona Wilkinson dari superfooduk.com memberi komentar: "Beberapa gerai sushi punya brown rice sushi bisa jadi pilihan sehat."

2. Madu

Madu mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, menurut Dr Marilyn Glenville, penulis buku 'Natural Alternatives' madu dibuat dari glukosa dan fruktosa yang menyerap lebih cepat ke dalam aliran darah. Karenanya tak cocok untuk mengontrol gula darah atau menurunkan berat badan.

3.Susu beras


Susu beras merupakan susu nabati yang cocok buat mereka yang alergi susu sapi.Belakangan susu ini jadi tren minuman sehat.
Shona Wilkinson berkomentar," Kebanyakan orang minum susu beras karena tren. tetapi yang dibuat dari beras putih banyak mengandung gula." Sedangkan jika tak minum susu sapi akan kehilangan asupan vitamin B12 yang membuat badan cepat lelah dan lemah.

4. Burger tofu

Patty burgernya terbuat dari tofu yang dianggap lebih sehat dari daging sapi. Juga diyakini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.
Untuk mendapatkan nutrisi yang sama dengan 150 gr daging tanpa lemak, Anda harus mengonsumsi 290 gr tofu.

Cassandra Barns, ahli nutrisi mengatakan kacang kedelai mengandung oestrogen yang baik untuk wanita menopause dengan kandungan oestrogen alami. Namun, wanita yang masih menstruasi tidak memerkukannya. Cukup dikonsumsi sekali atau dua kali seminggu.

5. Whole wheat bread


Selalu cek label pada kemasan roti apakah benar whole wheat atau tidak. Yang asli biasanya dibuat dari bijian gandum utuh dan harganya mahal. Tetapi ada juga yang memakai sedikit gandum utuh dan menambahkan dengan pewarna.

(adr/odi)