Studi: Rutin Minum Teh dan Kopi Bisa Membuat Manusia Berusia Lebih Panjang

Aisyah Kamaliah - detikFood Rabu, 20 Jul 2016 16:44 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Ilmuwan China menemukan alasan penting untuk tetap minum teh dan kopi. Keduanya dipercaya membuat orang berumur panjang.

Teh dan kopi sering menjadi minuman di pagi hari. Kedua minuman yang biasa dinikmati hangat ini menjadi pelengkap menu sarapan.

Menurut penelitian terbaru dari China menemukan kandungan alami dalam teh dan kopi yang bisa membuat usia cacing lebih panjang. Setara dengan usia manusia 175 tahun, lapor Netshark.com (19/7/16).

Hal itu terjadi karena dalam kedua minuman tersebut mengandung komponen yang disebut chlorogenic acid (CGA). Antioksidan yang juga terdapat pada kentang dan terung. Ditemukan oleh beberapa riset terdahulu, antioksidan ini memberi manfaat kesehatan.

CGA mempunyai beragam manfaat kesehatan seperti meningkatkan kerja otak, menyembuhkan luka lebih cepat, serta mengurangi risiko kanker, Parkinson atau Alzheimer.

Professor Luo Huai-Rong dan rekan-rekannya dari Chinese Academy of Sciences' Kunming Institute of Botany memulai penelitian efek CGA. Mereka memberikannya kepada Caenorhabditis elegans, sejenis cacing gelang yang memiliki proses penuaan sama dengan mamalia dan manusia.

Hasilnya, bila cacing umumnya hidup hanya sekitar 2-3 minggu, cacing yang diberi makan CGA mampu hidup selama 35 hari atau yang jika di konversikan sama dengan 175 tahun umur manusia.

Penelitian yang di publikasikan di The Journals of Gerontology: Series A itu menunjukkan cacing yang diberi makan CGA memiliki presentasi hidup 25% lebih lama dari cacing yang tidak mengonsumsi komponen tersebut.

Cacing-cacing tersebut ternyata tidak hanya berumur lebih panjang, tetapi sistem imun mereka juga menjadi lebih responsif melawan infeksi. Ini terjadi karena antioksidan mampu memanipulasi fungsi dari gen untuk menstimulasi insulin dan mencegah timbunan lemak.

Melihat hasil temuan yang mengejutkan itu, tim peneliti kini sedang berusaha menemukan obat atau zat adiktif yang menyehatkan pada makanan untuk memperlambat proses penuaan manusia.

Namun perlu diingat, mengkonsumsi teh dan kopi bukan jaminan seorang manusia berumur panjang. Anda tetap harus menjaga gaya hidup serta lingkungan yang sehat. Untuk hasil lebih optimal, tim peneliti menyarankan untuk mengkonsumsi 50 mikromol CGA setiap harinya. (lus/odi)