Ayo Makan Sayuran

5 Sayuran Ini Enak dan Sehat untuk Campuran Smoothies

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 13 Jul 2016 11:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ayo Makan Sayuran
Jakarta - Selain memakai buah segar, sayuran juga bisa dijadikan campuran smoothies. Memberi rasa segar sekaligus tambahan nutrisi.

Hampir semua jenis sayuran punya rasa alami, dari tawar, sedikit manis hingga sedikit pahit. Tetapi jika dipadukan dengan satu atau dua jenis buah akan menjadi lebih enak.

Yang perlu diperhatikan, pilih sayuran yang segar, organik jika ada dan pailih sayuran yang utuh tak ada bagian yang busuk atau rusak. Cuci bersih lalu lap atau tiriskan hingga kering tak berair. Mau coba sayuran populer ini untuk campuran smoothies?

1.Bayam
Sayuran in merupakan sayuran super. Punya pitoprotein yang berkhasiat antiperasangan da kanker. Juga kaya akan vitamin K yang bisa mencukupi 200% kebutuhan harian. Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang dan turunkan tekanan darah.

Tambahkan 1 genggam daun bayam dalam racikan smoothies. Bisa dipadukan dengan air jeruk peras, air jeruk lemon dan sedikit madu.

2.Wortel

Rasanya yang sedikit manis dan teksturnya renyah membuat wortel populer sebagai campuran smoothies. Kandungan betakaroten sangat baik untuk kesehatan matan dan antikaker serta baik untuk kesehatan pembuluh darah jantung. Sedangan polyacetylene pada wortel sangat ampuh cegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

Cincang atau potong kecil wortel dan campurkan dalam smoothies. Atau dengan juicer, ambil sari wortel, campurkan dengan buah yang padat seperti pisang atau pepaya untuk smoothies.

3.Mentimun

Mentimun sangat baik untuk smoothies karena mengandung air dan rasanya sedikit manis. Sayuran ini sangat kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan dan kekenyalan kulit.

Juga mengandung vitamin C, mangan dan betakaroten untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Potong kecil berikut kulitnya dan campuran dalam smoothies.

4.Jamur

Meskipun tak sepopuler sayuran lain, jamur juga enak untuk campuran smoothies. Sayuran ini kaya akan antioksidan dan vitamin D yang baik untuk sistem imun tubuh, melindungi jantung dan menurunkan risiko kanker.

Jenis jamur tebal seperti shiitake atau champignon bisa ditambahkan dalam smoothies. Masukkan berikut tangkainya dan tambahkan buah yang segar seperti apel, nanas atau jeruk untuk kurangi rasa dan aroma langu.

5.Tomat

Jenis tomat gondol atau tomat ceri yang masak sangat baik untuk campuran smoothies. Sayuran ni kaya akan vitamin C, A dan K juga lycopene.

Karena banyak mengandung air dengan tekstur lembut dan rasa yang asam manis segar, tomat mudah dipadukan dengan sayuran dan buah lain. Bisa dicampur dengan jeruk, nanas, pepaya atau daun bayam agar smoothies lebih enak. (lus/odi)
FOKUS BERITA Ayo Makan Sayuran