Perhatikan 7 Hal Ini Saat Perjalanan Mudik Agar Tak Alami Diare Karena Makanan

Maya Safira - detikFood Minggu, 03 Jul 2016 11:33 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Selain kelelahan, penyakit yang umum terjadi saat mudik adalah diare. Ini bisa terjadi karena salah memilih makanan. Perhatikan beberapa hal agar tidak mengalami diare.

Perjalanan mudik, terutama melewati jalur darat, bisa menimbulkan lebih banyak masalah gangguan pencernaan. Seperti diare yang menjangkiti akibat salah memilih makanan di tempat umum atau kebersihan makanan. Apalagi jika Anda belum pernah tahu kawasan yang dilewati, sehingga asal memilih makanan.

Tentu akan sangat mengganggu jika harus mengalami sakit perut dan diare di perjalanan mudik. Karenanya perhatikan hal ini untuk mencegah terjadinya diare.

1. Kebersihan tangan

Sebelum mengonsumsi makanan, baik bekal maupun makanan di tempat umum, pastikan bersihkan tangan. Jika ada air, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu. Sebagai alternatif, bawa cairan atau tisu basah disinfektan. Supaya kuman tak terlihat yang bisa memicu diare tidak masuk ke tubuh Anda.


2. Makanan matang

Bila mampir ke rumah makan, carilah makanan yang dimasak langsung sesuai pesanan. Sehingga masih segar dan panas saat Anda konsumsi. Jika makanan sudah didiamkan lama atau dimasak kurang matang, bisa saja bakteri mulai muncul di sana. Akibat paling buruknya yaitu memicu keracunan makanan.


3. Kebersihan tempat dan makanan

Perhatikan kebersihan rumah makan dan makanan yang disajikan. Bila makanan sudah dihinggapi lalat, jangan dikonsumsi. Kontaminasi dapat terjadi meski pada makanan yang baru dimasak.


4. Hindari makanan pedas

Selama perjalanan, sebaiknya tidak mengonsumsi dulu makanan pedas dan terlalu berempah. Baik pada pilihan makanan di jalan atau bekal yang dibawa. Terutama bagi yang perutnya sensitif terhadap pedas. Konsumsi makanan pedas bisa membuat perut panas dan memicu diare.


5. Jauhi olahan susu

Untuk sementara waktu sebaiknya tidak mengonsumsi dulu minuman atau makanan makanan yang mengandung susu dan produk susu sebagai bentuk antisipasi. Apalagi jika memiliki pencernaan sensitif terhadap susu. Diare mungkin menghampiri setelah konsumsinya.


6. Makanan tidak basi

Bila membawa bekal sendiri, pastikan masih layak konsumsi. Jangan sampai makanan ternyata sudah basi saat dimakan. Karena itu sebaiknya tidak menyimpan terlalu lama makanan yang memakai santan (kecuali rendang) atau makanan yang dicampur mayonnaise.

7. Bawa buah-buahan sendiri

Selama perjalanan jauh, tetap perlu mengonsumsi buah-buahan untuk asupan nutrisi. Sebaiknya bawa buah sendiri yang sudah dicuci bersih. Sebelum konsumsi, kupas kulit buah. Membeli buah potong yang dijual belum tentu terjamin kebersihannya. (lus/odi)