Minum Teh Chamomile Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Cegah Kanker

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 29 Jun 2016 17:24 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh chamomile sejak ribuan tahun lalu dikonsumsi sebagai obat. Bersifat antibakteri dan antioksidan, teh ini dapat membantu jaga kesehatan.

Sering dijadikan sebagai aromaterapi dan kosmetik, teh jenis ini banyak digunakan di seluruh dunia. Selain itu, teh herbal beraroma harum ini juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Untuk membuatnya di rumah, tambahkan satu sendok teh bunga chamomile kering dengan secangkir air panas. Aduk selama 20-30 detik sebelum disaring. Agar lebih enak, tambahkan dengan sedikit madu.

Teh chamomile ini memiliki efek rileksasi hingga memperpanjang usia wanita. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi teh chamomile secara rutin.

1. Tingkatkan kekebalan tubuh
Teh herbal ini bersifat sebagai antibakteri yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat merangsang produksi sel untuk melawan penyakit tertentu yang dapat membantu sistem internal Anda untuk melawan infeksi.

Jika Anda menderita flu, sebaiknya minum saja teh hangat untuk meredakannya.

2. Redakan sakit kepala
Teh chamomile dikenal memiliki efek yang menenangkan, terutama saat menderita sakit kepala. Hal ini dikarena chamomile memiliki senyawa tertentu yang dapat mengendurkan sistem saraf pusat sehingga dapat membantu redakan sakit kepala.

3. Tidur nyenyak
Sel syaraf yang rileks dapat memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak. Hal ini direkomendasikan untuk orang-orang dengan ganguan tidur. Cukup secangkir teh herbal sebelum tidur, Anda akan lebih nyenyak dan bangun dengan lebih segar.

4. Kendalikan gula darah
Untuk membantu mengendalikan gula darah agar tetap normal, diperlukan satu cangkir teh herbal setiap hari. Hal ini didapat dilakukan untuk penderita diabetes, akan tetapi proses penyeduhan teh lebih baik menggunakan gula 0 kalori atau sama-sekali tidak memakai gula.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Toyama di Jepang dan Aberystwyth University di Wales menunjukkan bahwa secara teratur minum teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Juga dapat mencegah komplikasi termasuk saraf dan kerusakan peredaran darah, penyakit ginjal hingga kebutaan akibat penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

5. Hambat sel kanker
Tim peneliti di Ohio State University, Amerika Serikat menyatakan manfaat ini didukung oleh senyawa apigenin dalam teh chamomile. Kandungan apigenin ini juga banyak ditemukan dalam bahan makanan seperti peterseli, seledri, dan sayuran yang banyak dipakai dalam diet Mediterania.

Kandungan apigenin yang juga dikenal dengan manfaat anti peradangan mempunyai cara kerja yang sama dengan beberapa nutrisi yang bisa memerangi kanker.

6. Perpanjang usia
Para peneliti dari University of Texas menyebutkan bahwa dengan meminum teh chamomile maka para wanita memiliki risiko kematian dini lebih kecil.

Mereka mengungkapkan bahwa dengan meminum teh chamomile dapat menurunkan risiko kematian pada wanita sebesar 29%. Fakta juga ditemukan kalau tidak ada efek apapun bila laki-laki yang meminum teh chamomile tersebut. (lus/odi)