Mentimun Juga Kaya Antioksidan dan Baik untuk Kesehatan Tulang

Maya Safira - detikFood Selasa, 21 Jun 2016 12:24 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mentimun termasuk makanan tinggi air yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Apalagi dalam melawan hidrasi di bulan Ramadan.

Selama puasa, mentimun bisa dimasukkan dalam pola makan harian. Mulai dari olahan makanan hingga minuman. Supaya tetap sehat dan bugar karena tingginya kandungan air dalam mentimun.

Sementara itu, banyak penelitian menunjukkan peningkatan konsumsi sayuran seperti mentimun bisa menurunkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit terkait jantung. Business Recorder (20/06) merangkum beberapa manfaat dari mentimun.

1. Penurunan berat badan dan pencernaan



Mentimun disebut memiliki kandungan air sebanyak 95% dan kalori yang rendah. Karena kandungan kalori rendah, bisa membantu tubuh menghilangkan racun dari sistem pencernaan sekaligus membantu mencerna makanan. Sementara tingginya kandungan air dan serat dalam mentimun dapat membantu menurunkan berat badan. Kulit mentimun juga mengandung vitamin C yang penting bagi tubuh.

2. Antioksidan
Mentimun dikatakan sebagai salah satu sumber terbaik nutrisi antioksidan konvensional termasuk vitamin C, beta-karoten, dan mangan. Sayuran ini juga mengandung beberapa antioksidan flavonoid. Kandungan 95% air dalam mentimun menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu tubuh menghilangkan toksin.

3. Melawan kanker



Penelitian telah menunjukkan bahwa tiga lignan lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol dalam mentimun disebut memiliki kemampuan mengurangi risiko kanker. Seperti kanker payudara, ovarium, rahim dan prostat.

4. Kesehatan tulang
Vitamin K penting bagi tulang. Kurangnya asupan vitamin ini bisa jadi penyebab fraktur tulang. Asupan vitamin K bisa didapat dari konsumsi buah dan sayuran. Ini penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan kesehatan tulang yang optimal. Adapun sekitar 150 gr mentimun dengan kulit mengandung 17 mcg vitamin K, ini memberi asupan 11% dari kebutuhan harian.

5. Kulit



Mentimun memiliki efek menenangkan dan mendinginkan yang bisa mengurangi peradangan, bengkak serta iritasi. Irisan mentimun juga bisa dipakai untuk mengurangi pembengkakan mata atau kulit terbakar karena sifat anti inflamasi-nya. Kandungan silikon dan sulfur dalam mentimun pun membantu menstimulasi pertumbuhan rambut. (msa/odi)