Selain Air, Ini 10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghidrasi Tubuh (2)

Ellia Avrizella Quenda - detikFood Selasa, 07 Jun 2016 10:31 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kekurangan cairan tubuh selama berpuasa bisa menyebabkan tubuh lemas dan pusing. Konsumsilah lebih banyak bahan makanan kaya air.

Selain semangka, mentimun dan seledri, beberapa minuman ini juga sangat baik untuk hidrasi tubuh.

6. Fat-free atau susu skim
Minum susu tiap hari dapat meningkatkan sumber kalsium untuk tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa susu (terutama susu cokelat) lebih baik dari air dan sport drinks untuk rehidrasi dan pemulihan setelah latihan berat.

7. Smoothie


Pengembalian cairan tubuh bisa digantikan dengan cara mengonsumsi smoothie. Racik sendiri smoothies dengan bahan sesuai selera. Cobalah minum buah-buahan dan sayuran dengan resep smoothie sehat atau resep smoothie hijau.

8. Minuman olahraga
Gula dan natrium adalah nutrisi yang baik ketika konsumsi minuman olahraga. Selain elektrolit dan protein termasuk juga gula dan natrium di dalamnya yang dapat membawa keseimbangan tubuh setelah berpuasa.

9. Air kelapa


Tidak seperti minuman olahraga, air kelapa rendah karbohidrat, tetapi kaya akan kalium. Jenis minuman tanpa gula seperti air kelapa sangat bermanfaat untuk hidrasi tubuh.

Menurut sebuah studi di Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa sangat efektif untuk pulihan cairan tubuh. Air ini rendah sodium dan dapat menggantikan kadar garam dalam tubuh yang hilang.

10. Kopi
Sebuah penelitian terbaru di PLOS ONE membuktikan mitos kopi yang sebabkan dehidrasi. Selain memberi asupan air, kopi juga berfungsi untuk meningkatkan memori, daya tahan tubuh, serta mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes dan jantung.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com