Selain Air, Ini 10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghidrasi Tubuh (1)

Ellia Avrizella Quenda - detikFood
Selasa, 07 Jun 2016 09:26 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selama berpuasa cairan tubuh harus tetap terjaga. Kecuali air, sayuran, buah dan minuman lain juga baik dikonsumsi saat buka dan sahur sebagai sumber cairan.

Dikutip dari Daily Burn (8/6/2015), ahli diet Rachel Berman mengatakan: "Setengah bagian tubuh kita terdiri dari air yang berfungsi mengatur suhu tubuh, mengangkat kotoran dan oksigen ke sel-sel tubuh."

Kurang cairan akan membuat tubuh lebih cepat lelah, pusing dan emosional. Sumber cairan lain yang bisa menghidrasi tubuh bisa berupa buah, sayuran hingga smoothies.

1. Semangka


Semangka mengandung 92 % air. Menurut sebuah studi tahun 2009 di University of Aberdeen Medical School, semangka juga mengandung garam, kalsium dan magnesium yang a ideal untuk rehidrasi. Juga merupakan sumber yang baik dari potassium, vitamin A dan vitamin C.

2. Seledri
Sayuran yang satu ini lebih sering diabaikan dan hanya dijadikan hiasan. Batang seledri memiliki sekitar 95 % air, kaya serat dan mineral termasuk kalium dan vitamin K.

3. Mentimun


Mentimun bisa diolah dan disajikan dalam berbagai cara. Namun, kandungan air paling tinggi dalam daftar buah dan sayuran yang mengandung air. Terdiri dari 96 % air, mentimun tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, dan kaya vitamin K, vitamin B6 dan zat besi.

4. Strawberry
Tanpa diolah menjadi kue, strawberry memiliki rasa manis yang sempurna agar tubuh tetap terhidrasi. Strawberry mengandung 92 % air (sebagian besar jenis berry) dan mengandung serat dan vitamin C.

5. Selada


Selada mungkin mengandung 96 % air walau tak banyak yang tahu. Salada hijau dan topping sandwich, seperti butterhead, romaine dan bayam adalah pilihan yang lebih tepat untuk hidrasi.

(adr/odi)