Agar Pencernaan Lancar, Rajinlah Minum Air dan Konsumsi Makanan Berserat

Maya Safira - detikFood Senin, 30 Mei 2016 19:05 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Perut kembung dan begah merupakan tanda pencernaan kurang baik. Untuk itu, perlu konsumsi air dan makanan sehat.

Kesehatan organ pencernaan dapat dijaga melalui beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan aktivitas fisik. Ini bisa membantu munculnya masalah seperti keasaman tinggi, kembung dan penyakit lambung lainnya. Berikut 5 cara menjaga sistem pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik seperti dilansir dari NDTV (29/05).

1. Minum banyak air



Dehidrasi dikenal sebagai pemicu masalah pada sistem pencernaan. Dr. Mandar Doiphode, Interventional GI Endoscopist & Proprieter Lumina Endoscopy Center, mengatakan bahwa perlu minum setidaknya 3 liter air sehari untuk menjaga sistem terhidrasi dengan baik.

Usus menggunakan air untuk mendorong sisa hasil pencernaan melalui sistem dan mengubahnya jadi bentuk yang mudah dikeluarkan. Asupan air yang rendah secara terus menerus bisa menyebabkan sembelit dan penumpukan racun dalam tubuh. Pada akhirnya, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena masalah pencernaan lebih buruk. Jadi pastikan minum sesuai jumlah air yang dibutuhkan tubuh tiap hari secara teratur. Jangan sampai menunggu rasa haus muncul.

2. Hindari makanan yang mengiritasi saluran pencernaan
Beberapa orang dapat mentolerir konsumsi besar rempah dan cabai, tapi tidak bagi sebagian lainnya. Ketahui daya tahan tubuh Anda dan makan sesuai kemampuan itu.

Biasanya makanan yang tidak cocok pada semua orang adalah cabai, rempah pedas, kafein, alkohol, dessert tinggi gula dan lemak. Senyawa lainnya yang membuat masalah pada saluran pencernaan adalah nikotin dan obat tertentu. Kunci menjaga sistem pencernaan tetap sehat adalah menghindari semua itu atau menyeimbangkan asupan pemicu iritasi pada sistem pencernaan Anda.

3. Konsumsi serat



Rancang makanan harian yang memasukkan produk tinggi serat seperti gandum utuh, oatmeal, biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan banyak sayuran. Serat makanan membantu memastikan bahwa saluran pencernaan Anda bekerja dengan baik. Tubuh jadi dapat menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi secara efisien. Serat juga membantu pergerakan makanan melalui sistem pencernaan.

4. Tambahkan probiotik dalam pola makanan



Probiotik memiliki manfaat bagi sistem pencernaan. Membuat tubuh sehat dengan memerangi efek pola makan buruk, antibiotik dan stres. Probiotik juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperkuat sistem imun. Sumber probiotik yang baik antara lain yogurt, susu kedelai, dan dark chocolate.

5. Olahraga dan kurangi stres
Terlalu stres bisa memicu masalah sistem pencernaan. Stres mempengaruhi permeabilitas saluran pencernaan, menyebabkan ketidakseimbangan dalam bakteri usus dan meningkatkan risiko peradangan.

Olahraga ringan setiap hari terbukti bisa memerangi stres secara efektif. Mengembalikan keseimbangan fisik, mental dan emosi. Cari juga kegiatan pengurang stres yang Anda sukai dan lakukan secara teratur agar menjaga sistem pencernaan tetap sehat. (msa/odi)