Agar Gairah Seks Tak Turun, Hindari Konsumsi Bit dan Berry Sebelum Bercinta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Mei 2016 16:58 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak hanya kondisi tubuh dan suasana hati, makanan turut mempengaruhi gairah bercinta. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar gairah seks tetap terjaga.

Gairah seksual atau libido ditentukan banyak faktor termasuk sosiologis, psikologis, dan pengaruh hormon. "Baik pada pria dan wanita, hormon testosteron banyak mempengaruhi libido," ujar Dr. Michael Hirt, pendiri Center for Integrative Medicine di San Fernando Valley di California seperti dikutip dalam Fox News (26/05).

Ia menambahkan, "Beberapa makanan bisa mengurangi kadar testosteron termasuk keju, cokelat, dan alkohol. Cara kerjanya ialah makanan tersebut meningkatkan aktivitas enzim aromatase yang bertugas mengubah testosteron menjadi estrogen. Efek keseluruhan dari meningkatnya aromatase adalah kadar testosteron yang lebih rendah dan kadar estrogen yang lebih tinggi."

Banyak orang beranggapan kondisi tersebut baik untuk kehidupan seks pria, tapi tidak pada wanita. Kaum hawa justru bisa mengalami gejala negatif sehubungan tingginya kadar estrogen dalam tubuh seperti peningkatan gejala PMS, penurunan libido, kelelahan, sakit kepala, dan infertilitas.

Dr. Hirt merangkum daftar makanan yang sebaiknya dihindari sebelum bercinta seperti berikut.

1. Minuman beralkohol


Minuman beralkohol sebaiknya tidak dikonsumsi pria jelang bercinta. "Minuman ini akan membuat suasana bercinta tidak menyenangkan karena menurunkan jumlah testosteron dan fungsi seksual," ujar Hirt.

2. Tepung serba guna
Makanan olahan, terutama yang terbuat dari tepung terigu serba guna, mengandung sedikit zinc. Padahal mineral ini dibutuhkan untuk kesehatan seksual pria. Jumlah zinc pada tepung terigu serba guna 75% lebih sedikit dari tepung whole-grain atau whole-wheat. Selain itu, konsumsi makanan berbahan tepung terigu serba guna bisa sebabkan resistensi insulin yang berujung diabetes.

Pada gilirannya, diabetes bisa mempersempit arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan disfungsi ereksi. Untuk menghindarinya, selalu cek label kemasan makanan dan hindari makanan berbahan tepung serba guna ini.

3. Bit


Konsumsi bit sebelum olahraga memang bermanfaat tingkatkan fungsi otot. Bit juga mengandung senyawa yang baik untuk tingkatkan kadar estrogen dalam tubuh dan memperbaiki aliran darah sehingga baik untuk pria yang kurang gairah. Namun bagi mereka yang alami ketidakseimbangan hormon, bit sebaiknya tidak dikonsumsi karena justru berdampak negatif.

4. Buah berry
Ragam buah berry beku dikabarkan tinggi pestisida yang meniru sifat estrogen. Karenanya buah ini tidak baik dikonsumsi sebelum bercinta. Sebaliknya, pilih buah berry organik dan bebas pestisida karena kandungan vitaminnya justru bantu tingkatkan gairah seksual.

5. Air kemasan


Bisphenol A atau BPA pada kemasan botol plastik dikabarkan bisa memicu ketidaksuburan pada pria maupun wanita. Paparan BPA bahkan menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Selain itu, studi fertilitas dan sterilitas di Slovenia menemukan hubungan signifikan antara urin mengandung BPA pada pria dengan sperma lebih rendah, baik dari segi konsentrasi maupun vitalitas. Dalam studi Harvard School of Public Health juga ditemukan wanita dengan kadar BPA tinggi memproduksi 27% lebih sedikit sel telur yang layak dibuahi.

(adr/odi)
Load Komentar ...