Rambut Sehat dan Bibir Mulus Berkat Minyak Zaitun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 21 Mei 2016 07:44 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Tak hanya untuk masak, minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan. Mulai dari melembabkan bibir hingga merawat kulit kepala.

Sejak lama minyak zaitun digunakan dalam industri kosmetik. Manfatnya beragam karena kandungan berbagai vitamin, mineral, dan asam lemak alami didalamnya. Para peneliti mengungkap minyak zaitun juga kaya antioksidan sehingga banyak digunakan dalam rangkaian produk kecantikan anti penuaan.

Minyak ini mampu mencegah penuaan kulit dan mengurangi keriput serta garis-garis halus di wajah. Selain untuk kulit, minyak zaitun punya sejumlah manfaat kecantikan lain. Seperti diungkap Boldsky (16/05) berikut.

1. Perawatan rambut
Sebelum membasuh rambut dengan shampoo, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun hangat ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan shampoo. Cara ini bermanfaat sehatkan kulit kepala dan juga rambut.

2. Pelembab bibir
Mengoleskan minyak zaitun pada bibir berfungsi sebagai pelembab alami. Gunakan pula minyak zaitun sebagai scrub tubuh alami. Caranya, campurkan sedikit gula dengan satu sendok teh minyak zaitun dan sedikit percikan air lemon. Gunakan campuran tersebut untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Pembersih make-up
Fungsi susu pembersih ternyata bisa digantikan dengan minyak zaitun. Make-up membandal bisa dihilangkan dengan minyak zaitun karena sifatnya mengikat minyak dalam produk make-up. Cuci bersih muka dengan air dingin setelah menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih.

4. Pengganti krim cukur
Merasa gatal atau seperti terbakar setelah bercukur? Minyak zaitun bisa mengatasi hal ini karena sifat lubrikasi alaminya. Oleskan pada kulit sebelum bercukur seperti menggunakan krim cukur. (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com