Ini 3 Manfaat Sehat Minum Secangkir Lemon Hangat Tiap Pagi

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 19 Mei 2016 07:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyeruput secangkir lemon hangat di pagi hari ternyata banyak manfaatnya. Selain bisa redakan udara dingin, lemon juga bisa tingkatkan pencernaan dan detoksifikasi.

Sejak zaman dahulu, lemon dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Mengonsumsi air jeruk lemon dengan segelas air hangat dipercaya dapat membantu tingkatan kesehatan tubuh.

Buah berwarna kuning ini kaya akan asam sitrat dan juga vitamin C. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan lain seperti vitamin B, magnesium dan juga fosfor.

Dikutip dari Shape, Dr. Mike Roussell, PhD mengatakan ada tiga manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi secangkir air lemon hangat yaitu:

1. Tingkatkan fungsi pencernaan
Dalam beberapa kasus, minuman dengan rasa asam dapat membuat perut sakit. Asam sitrat dalam lemon dapat berkontribusi dalam sebabkan sakit perut dan juga kram. Akan tetapi hal ini hanya terjadi pada beberapa orang yang memang memiliki perut yang sensitif. Asam sitrat dapat meningkatkan penyerapan aluminium hydroxide yang berpengaruh terhadap fungsi pencernaan.

Minuman ini juga dapat membantu percepat rangsangan pada saluran cerna. Sehingga Anda dengan mudah dapat membuang sisa-sisa kotoran dalam usus dengan lebih mudah.



2. Detoks
Lemon populer dengan fungsinya sebagai detoks. Lemon mengandung zat antioksidan dalam buah yang disebut dengan D-limonene yang banyak ditemukan dalam jeruk, terutama pada jeruknya. D-limonene telah ditunjukkan untuk mengaktifkan enzim dalam hati yang merupakan bagian dari proses tahap 1 dan tahap 2 detoksifikasi. Sehingga lemon dapat membantu detoksifikasi hati.



3. Tingkatkan penyerapan mineral
Vitamin C ditemukan dalam jus lemon dan telah terbukti meningkatkan penyerapan mineral. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling banyak ditemui dalam buah-buahan dan sayuran.

Selain ketiga manfaat yang disebutkan, ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa lemon hangat juga dapat membantu turunkan berat badan karena mengandung pektin dan juga serat larut yang terbukti untuk turunkan berat badan. (lus/odi)