Sulit Tidur Lelap? Anda Perlu Sering Makan Pisang dan Bayam (2)

Ellia Avrizella Quenda - detikFood Minggu, 15 Mei 2016 11:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Istirahat fisik dan pikiran yang cukup mampu membuat tubuh bugar. Karenanya gangguan tidur perlu segera diatasi. Cukup dengan konsumsi makanan enak.

Makanan tertentu secara alami mengandung nutrisi yang bisa membuat tubuh dan pikiran santai sehingga memicu rasa mengantuk. Daripada menelan obat tidur, lebih baik konsumsi makaan enak ini.



5. Pisang

Pisang yang dikategorikan sebagai superfruits ini sangat tinggi akan kalium, magnesium, serta mineral yang mampu memberikan rasa reliks pada otot-otot tubuh.

Kekurangan magnesium, dapat menyebabkan restless leg syndrome dan kram otot di malam hari, sehingga dapat dipastikan tidur menjadi tidak nyenyak. Cobalah makan satu pisang setiap hari untuk memperbaiki kualitas tidur.

6. Bayam

Rajin makan bayam mampu mencukupi kebutuhan akan kalium dan magnesium. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki kalsium, mineral yang sangat berperan dalam membantu tidur. Kalsium membantu tubuh menghasilkan melatonin, hormon yang membantu tubuh rileks. Kalsium juga ada pada sayuran hijau berwarna gelap lainnya, seperti sawi dan kale.



7. Susu

Kandungan melatonin dalam tubuh juga bisa ditingkatkan dengan rajin konsumsi susu yang kaya akan kalsium. Sejumlah studi menemukan bahwa jika kekurangan kalsium menyebabkan kualitas terganggu. Bila sedang sulit tidur di malam hari, cobalah minum segelas susu hangat.



8. Kacang almond

Kacang almond juga mengandung magnesium dan kalsium yang membuat tubuh santai. Almond bisa dimakan sebagai camilan, campuran kue atau sereal. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com