Untuk Cegah Anemia Sebaiknya Wanita Rajin Konsumsi Bit dan Seafood (2)

Fran Sisca - detikFood Jumat, 13 Mei 2016 19:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tubuh lesu dan kurang bertenaga merupakan salah satu gejala anemia. Makanan kaya zat besi merupakan asupan yang paling baik untuk mengatasinya.

Makanan yang tampak biasa ditemui sehari-hari ini bisa memberi asupan zat besi dan nutrisi untuk atasi anemia. Sebaiknya dikonsumsi lebih sering oleh wanita terutama saat haid.

6. Telur
Tidak sepenuhnya, telur mengandung zat besi. Tetapi, telur dapat membantu menyetok vitamin dengan bantuan protein dan antioksidannya. Sangat baik untuk memperbaiki sel dan kesuburan rambut.

7. Roti Gandum



Roti ini paling ampuh untuk atasi anemia. Sepotong roti gmencukupi 6% kebutuhan asupan zat besi harian. Biji-bijian utuh merupakan sumber dari asam fitat yang berpotensi menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Konsumsilah tiga potong roti gandum setiap hari agar dapat mengatasi anemia secara bertahap.

8. Kismis



Buah-buahan seperti kismis, apricot kering, kurma, dan buah persik kerung merupakan sumber zat besi dan vitamin C. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan menaikkan hemoglobin.

9. Seafood
Seafood dikenal kaya akan zat besi. Karenanya penderita anemia dianjurkan makan lebih banyak dan ikan berlemak seperti salmon dan tuna. Seafood juga dapat mengurangi gejala-gejala anemia seperti pusing, dingin, dan kelelahan. (msa/odi)