Selain Telur, Tuna dan Bit Juga Bisa Tingkatkan Daya Konsentrasi

Fran Sisca - detikFood Jumat, 13 Mei 2016 11:32 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kekuatan daya ingat dan konsentrasi ditentukan oleh asupan nutrisi. banyak makanan enak yang baik untuk otak yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Menurut Fox News (07/05) penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam makanan dapat berdampak positif pada kinerja kognitif. Karenya pastikan Anda mengonsumsi salah satu makanan enak ini setiap hari agar bisa lebih fokus saat bekerja.

1. Biji bunga matahari


Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin E yang baik dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang tua
Kaya akan vitamin E dan nutrisi kolin, biji bunga matahari dapat membantu pertajam memori. Selain biji bunga matahari, sayuran berdaun hijau, minyak sayur, kacang almond, dan alpukat juga kaya vitamin E.

2. Berry


Blueberry, blackberry, dan strawberry kaya akan antioksidan dan telah terbukti dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar.
Laboratorium dan studi hewan menunjukkan bahwa konsumsi buah ini dapat memperbaiki fungsi otak dan menunda gangguan otak yang berkaitan dengan usia sperti, penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Ikan
Ikan seperti tuna memiliki asam docosahexaenoic (DHA), jenis omega-3 lemak yang sangat penting untuk perkembangan otak. Juga membantu untuk memperlambat proses penuaan otak karena usia.

Penilitian merekomendasikan ibu-ibu hamil atau menyusui untuk konsumsi ikan 2-3 porsi ikan per minggu. Sang bayi akan memperoleh capaian sekitar 2,6 poin IQ. Karena konsumsi ikan secara teratur dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak dan bahkan meningkatkan IQ.

4. Jus Anggur


Meminum jus anggur Concord dapat meningkatkan kesehatan jantung dan baik untuk otak. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan kandungan plyphenol pada anggur Concord punya khasiat kesehatan kognitif. Tidak hanya pada manula tetapi juga dewasa dan usia muda.

5. Bayam
Bayam mengandung lutein antioksidan, yang membantu melindungi dari penurunan kognitif. Sebuah studi menemukan bahwa memiliki otak yang kaya lutein dikaitkan dengan kemampuan kognitif termasuk bahas, memori dan kemampuan belajar.

6. Bit
Para ilmuwan di Wake Forest University menemukan bahwa bit yang kaya akan nitrat dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga meningkatkan kinerja mental. Para peneliti di Translational Science Center menemukan bahwa mengkonsumsi jus bit setiap harinya untuk kalangan dewasa dapat membantu untu meningkatkan aliran darah ke area otak yang berhubungan demensia.

7. Telur
Kandungan kolin dalam telur seperti acetylcholine, neurotransmitter dapat memberikan kemampuan otak untuk menyimpan informasi dan memori.

(adr/odi)