Serak dan Sakit Tenggorokan? Atasi dengan Konsumsi 10 Makanan Alami Ini (1)

Ellia Avrizella Quenda - detikFood Rabu, 11 Mei 2016 10:03 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Awal musim kemarau membuat banyak orang menderita radang tenggorokan. Ada baiknya Anda mulai mengonsumi bahan makanan alami untuk mencegahnya.

Sebelum menelan obat dokter, ada baiknya konsumsi beragam bahan alami yang berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan. Berikut ini rekomendasi 10 bahan makanan alami dari The Daily Meal (5/05) yang menyehatkan tenggorokan.

1. Pisang
Tekstur lembut pada pisang membuat makanan ini mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, lembutnya pisang membuat Anda yang sedang mengalami gangguan tenggorokan tidak kesakitan saat menelan.

Rasa manis pada pisang bisa digunakan sebagai bahan dasar smoothie yang dapat dicampur dengan varian buah segar lainnya. Selain kaya akan vitamin, smoothie sangat mudah dikonsumsi.



2. Kol
Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C, belerang, vitamin K dan antioksidan yang berguna bagi daya tahan tubuh.

Selain masuk dalam daftar makanan sehat atau kubis juga memiliki sifat anti-inflamasi tinggi untuk meredakan sakit kepala.



3. Kayumanis
Salah satu jenis rempah-rempah khas Indonesia, kayumanis merupakan jajaran bahan herbal yang terbukti ampuh bagi kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah menyembuhkan sakit tenggorokan. Kayumanis juga telah lama dicampurkan menjadi bahan obat tradisional China yang efektif mencegah batuk.

4. Cengkeh
Kandungan nutrisi cengkeh dapat membantu Anda mengurangi infeksi pernapasan.

Menurut Neil Schachter, profesor di Mount Sinai School of Medicine di New York City, cengkeh bekerja sebagai ekspektoran dengan mengencerkan lendir pada tenggorokan dan kerongkongan sehingga mudah berdahak.



5. Telur
Telur tidak hanya terkenal dengan proteinnya yang tinggi. Makanan bertekstur lembut ini juga mampu menyembuhkan iritasi pada tenggorokan Telur juga mengandung punya nutrisi penting, seperti omega-3, kolin, dan lutein. (lus/odi)