Manfaatkan 4 Herba Khas Ayurveda Agar Kulit Bercahaya

Maya Safira - detikFood Sabtu, 07 Mei 2016 12:10 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pengobatan kuno India, Ayurveda, meliputi seluruh aspek gaya hidup. Termasuk perawatan kulit secara alami dan praktis dengan menggunakan bahan-bahan di dapur.

Ayurveda sudah digunakan sebagai bentuk pengobatan di India selama berabad-abad. Selain dipakai untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, Ayurveda juga membantu kulit tampak lebih indah. Caranya pun praktis hanya dengan menggunakan herba Ayurveda yang bisa ditemui di sekitar. Misalnya kunyit dan lidah buaya. Berikut beberapa diantaranya seperti dilansir dari Her World Plus (25/04).

1. Kunyit


Rempah hebat ini memberi cahaya alami pada kulit sekaligus mengurangi jerawat, pigmentasi dan peradangan kulit. Kunyit memiliki sifat antibakteri dan memperlambat proses penuaan. Konsumsi kunyit untuk suplemen atau gunakan langsung di kulit sebagai krim malam. Caranya, buat pasta dari kunyit dan susu atau yogurt. Aplikasikan pada wajah dan cuci bersih di pagi hari menggunakan pembersih muka.

2. Lidah Buaya

Ini telah jadi bahan umum pada produk perawatan kulit saat ini. Meski begitu, lidah buaya telah digunakan sebagai herba Ayurveda sejak lama. Gel lidah buaya memiliki efek mendinginkan bagi kulit dan mengurangi peradangan. Lidah buaya juga berguna dalam mengobati masalah kulit seperti jerawat, ruam, luka bakar dan pigmentasi. Oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit sebagai krim untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan berseri.

3. Mentimun


Karena 90% mengandung air, mentimun membuat kulit terhidrasi. Penggunaannya mendinginkan dan memelihara kulit. Mentimun juga bermanfaat menutupi keriput dan garis halus serta mempunyai kandungan anti penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun, tempatkan irisan timun mentah ke bagian kulit yang diinginkan guna meremajakannya. Bisa juga membuat masker dengan parutan mentimun yang sudah didinginkan. Campur dengan jus lidah buaya atau air mawar.

Mentimun pun berguna bagi yang mempunyai lingkaran hitam di mata. Tempatkan saja irisan mentimun di masing-masing mata selama 10 menit. Ini juga bermanfaat untuk menenangkan mata lelah, terutama bagi yang kerap melihat komputer sepanjang hari.

4. Minyak Almond

Minyak almond membuat kulit bersinar dan tetap terhidrasi karena tinggi vitamin E. Jika Anda mempunyai kulit kering dan gatal, redakan serta lembabkan dengan minyak almond. Sementara bila bibir pecah-pecah, taruh sedikit minyak almond di bibir. Ini bisa bekerja lebih cepat dibanding penggunaan lip balm.

Manfaat lainnya dari minyak almond adalah pengurangan lingkaran hitam pada mata. Teteskan sedikit minyak almond di bawah mata pada pagi dan malam hari. Lama kelamaan lingkaran hitam dan bengkak di mata bisa berkurang. Namun sebaiknya minyak almond tidak digunakan jika memiliki alergi kacang.

(adr/odi)