Dalam 15 Menit Anda Bisa Atasi Ngidam Makanan Tak Sehat

Maya Safira - detikFood Sabtu, 30 Apr 2016 10:17 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Meskipun dikenal tak sehat tetap saja orang ngidam junk food. Ada beberapa cara khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi. Hanya butuh waktu kurang dari 15 menit.

Terdapat banyak hal yang berperan saat ngidam makanan. Stres dan makan terlalu sedikit adalah pemicu terbesar. Namun perlu diingat bahwa beberapa jenis junk food dapat membuat ketagihan. Her World Plus membagikan 5 tips untuk menangkal keinginan makan tak sehat.

1. Gosok gigi


Seseorang cenderung kurang ingin menyantap makanan setelah menggosok gigi. Entah karena kemalasan atau efek segar mint yang menetralkan keinginan makan. Tapi yang pasti menggosok gigi bisa merendam ngidam makanan.

2. Melakukan hal yang disenangi


Jika stres berkontribusi pada keinginan makan, cobalah hilangkan stres tersebut. Ini bisa dengan melakukan apa saja yang Anda senangi. Mulai dari menonton tayang TV favorit, mendengar musik atau berendam dengan pilihan aroma menenangkan.

3. Berjalan


Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa berjalan selama 15 menit dapat membantu seseorang tak ingin menyantap camilan manis. Selain itu, secara umum berjalan atau berolahraga dapat memperkuat tekad seseorang untuk jadi lebih bahagia. Bila Anda melakukan semua upaya itu hanya untuk mengonsumsi lebih banyak makanan tak sehat, Anda membuat hidup lebih sulit bagi diri sendiri.

4. Minum air atau teh


Ngidam muncul bisa saja karena dehidrasi. Jadi segelas air bisa membuat keinginan makan pergi. Jika Anda ingin menyantap sesuatu yang manis atau asam, tambahkan saja buah-buahan dalam air untuk memberi rasa. Cara ini sehat dan tentunya tetap rendah kalori. Sebaiknya jauhi pemanis buatan yang dapat memperkuat keinginan makan Anda.

5. Mengingat rasa makanan yang diinginkan


Mungkin ini terdengar aneh. Tapi menekan keinginan makan secara mental mungkin membuat muncul kembali dengan lebih kuat. Sebaliknya, coba bayangkan diri Anda menyantap makanan manis atau penuh keju. Menggambarkan kepuasan yang muncul setelah menyantap makanan mungkin jadi cara lebih baik untuk mengekang keinginan makan dalam jangka panjang.

(adr/odi)