Selain Kurangi Asupan Gula, Ini Cara Mudah Cegah Diabetes

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Apr 2016 14:48 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mengurangi konsumsi makanan manis bukan satu-satunya cara mencegah diabetes. Menerapkan pola hidup sehat justru jadi kunci utama dibanding menghindari gula.

Banyak orang beranggapan hanya dengan memangkas konsumsi makanan manis maka dirinya terhindar dari diabetes. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Boldsky (24/04) menjelaskan makanan manis memang berdampak pada kadar gula darah, namun tidak membuat seseorang terkena diabetes. Meski begitu, para penderita diabetes perlu memonitor asupan karbohidrat dimana terkandung gula yang sama seperti dalam dessert.

Kunci utama dari pencegahan diabetes adalah menjalani pola hidup sehat dan memastikan berat badan tetap normal. Cara-cara berikut juga sebaiknya diterapkan:

1. Batasi asupan gula


Penderita diabetes perlu membatasi asupan gula dan karbohidrat. Keduanya bisa sebabkan kenaikan kadar gula darah dalam waktu singkat. Karenanya penting untuk mengecek gula darah secara rutin. Jika ingin memuaskan keinginan makan manis, pilih buah atau sayur segar yang rasa manisnya alami.

2. Menjalani gaya hidup sehat
Menjalani gaya hidup sehat penting untuk menjaga kebugaran tubuh secara menyeluruh. Didalamnya termasuk pola makan sehat, menghindari stress, dan olahraga rutin. Untuk penderita diabetes, pilih makanan rendah gula dan tinggi serat. Selain itu perhatikan juga jumlah dan waktu mengonsumsinya.

Disamping buah dan sayur, penderita diabetes bisa mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sereal atau oatmeal yang tinggi serat, ikan, minyak zaitun, dan yogurt. Sementara itu, jenis buah yang cocok dikonsumsi adalah apel, pir, kiwi, dan grapefruit. 

3. Hindari makanan bertepung


Penelitian membuktikan makanan bertepung seperti pasta, kentang, atau roti putih lebih mempengaruhi gula darah dibanding gula pasir. Ini karena sifatnya yang menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Para ahli mengatakan menghitung jumlah asupan karbohidrat harian dan menggantinya dengan makanan sehat adalah cara terbaik mencegah diabetes dibanding menghindari gula sepenuhnya.

Penderita diabetes juga diperbolehkan mengganti konsumsi sejumlah kecil gula dengan makanan tinggi karbohidrat. Cara ini kabarnya juga dapat menurunkan risiko diabetes secara signifikan.

4. Genetik
Tidak selamanya diabetes disebabkan konsumsi makanan manis secara berlebih. Diabetes tipe 1 juga bisa diwariskan secara genetik dari orang tua atau kakek nenek pada anak atau cucunya. Kabarnya seorang anak berisiko 3,4 kali terkena diabetes apabila ibunya mengalami diabetes. Jika ayahnya yang mengalami diabetes, risiko tersebut naik menjadi 3,5 kali. Bagaimana bila keduanya yang diabetes? Sang anak berisiko 6,1 kali terkena diabetes.

5. Menjaga berat badan


Mempertahankan berat badan normal bisa mencegah diabetes 1 ataupun 2. Hindari makanan dan minuman tinggi kalori agar berat badan tidak melambung. Penelitian membuktikan minum minuman manis berhubungan dengan diabetes tipe 2.

(adr/odi)