Empuk Enak Waffle dan Pancake

Mau Sarapan Pancake? Cek Dulu Kalorinya!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 08 Apr 2016 16:28 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pancake yang lembut manis sering dijadikan sebagai menu sarapan. Sebelum menyantap, ada baiknya Anda ketahui berapa kandungan kalori satu porsi pancake.

Baik waffle ataupun pancake, keduanya merupakan menu sarapan di negara Barat yang populer. Pancake terbuat campuran adonan tepung terigu, gula pasir, telur, susu dan juga mentega.

Untuk satu lembar pancake dengan ukuran sekitar 13 cm mengandung kalori sebesar 91,54 Kkal, 2,8 gr protein, 3,2 gr lemak, 13,3 gr karbohidrat dan 35,7 mg kalsium.
Akan tetapi, biasanya pancake disajikan secara bertumpuk minimal dua lembar. Untuk menikmati pancake agar lebih enak, Anda dapat menyajikannya dengan siraman saus cokelat. Saus cokelatnya terbuat dari susu, gula pasir, cokelat dengan sedikit campuran maizena. Dalam 3 sdm saus cokelat mengandung kalori sekitar 42,15 gr, 0,6 gr protein, 1,62 gr lemak, 6,61 gr karbohidrat dan 17,62 mg kalsium.

Jika dianalisa, pancake yang disajikan dengan saus cokelat tidak mengandung serat. Agar lebih sehat, tentu akan lebih baik jika Anda menambahkan beberapa potong buah pisang dan juga strawberry. Buah-buahan ini mengandung antioksidan, kalium, vitamin C dan juga serat yang baik untuk kesehatan sistem cerna.
Kunci dari sarapan sehat adalah makan dan minum yang aman dan bergizi pada pagi hari sebelum beraktifitas dengan memenuhi 15 hingga 30 persen dari kebutuhan gizi harian Anda. (lus/odi)