Agar Tak Mabuk, Sebelum Naik Pesawat Hindari Makan Ayam Goreng dan Ikan

Fran Sisca - detikFood Rabu, 16 Mar 2016 12:38 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bepergian dengan pesawat udara bisa memicu mabuk seperti pada moda transportasi lain. Ada baiknya hindari konsumsi makanan tertentu agar perut nyaman selama penerbangan.

Berpindah kendaraan, terkena suhu AC saat menunggu pesawat hingga kursi pesawat yang kurang nyaman bisa memicu perut kembung hingga muntah di pesawat.

Beberapa makanan tertentu yang bisa memperburuk kondisi perut sebaiknya tidak dikonsumsi beberapa jam sebelum naik pesawat. Seperti rekomendasi Foxnews.com (11/03) berikut ini 7 makanan yang harus dihindari saat akan naik pesawat.

1. Baked Beans
Baked beans atau kacang putih kalengan dengan saus tomat mengandung serat larut air juga gas. Gas ini akan membuat perut kembung saat berada dalam tekanan di pesawat. Sebaiknya hindari juga makanan lain yang mengandung gas seperti brokoli, kembang kol, dan kol, terutama bagi orang-orang yang menderita gangguan lambung.

Foto: Thinkstock

2. Fried Chicken
Fried Chicken, ayam goreng tepung yang renyah banyak dijual di gerai-gerai dibandara. Sebaiknya hindari menyantap ayam ini sebelum naik pesawat. Karena ayam ini mengandung banyak lemak yang akan berubah menjadi asam di lambung. Bisa membuat perut mulas hingga kembung tak nyaman saat berada di pesawat.

3. Alkohol
Alkohol dianjurkan untuk tidak dikonsumsi sebelum melakukan penerbangan. Konsumsi alkohol dipercaya orang agar bisa tidur nyenyak dan mencegah mabuk. Padahal alkohol justru membuat Anda dehidrasi, pusing kepala dan kehilangan kontrol diri saat di pesawat.

Foto: Thinkstock

4. Makanan berbumbu kari
Kari memakai beragam rempah sehingga rasanya pedas dan aromanya tajam. Jika tak tehan rasa pedas bisa jadi saat di pesawat Anda justru sakit perut dan tidak bisa tidur. Sebaiknya jangan makan makanan berbumbu kari sebelum naik pesawat.

5. Ikan
Menyantap ikan terutama ikan mentah dalam bentuk sahimi dan sushi bisa memicu risiko sakit perut. Hindari makan seafood dan ikan terutama yang mentah saat akan bepergian dengan pesawat. Hal ini untuk menghindari efek alergi, mual dan perut tak nyaman selama penerbangan.

Foto: Thinkstock

6. Susu
Empat belas jam sebelum naik pesawat hindari konsumsi susu dan produk susu seperti keju atau yogurt. Karena produk susu mudah memicu alergi seperti sakit perut hingga keracunan.

Foto: Thinkstock

7. Kafein
Kafein memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan memori, menangkal penyakit Alzheimer dan membuat tubuh terjaga. Konsumsi minuman berkafein akan membuat Anda terjaga terus selama penerbangan dan susah tidur dalam penerbangan panjang. Jika penerbangan singkat bisa saja Anda menikmati kopi atau teh.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com