8 Sayuran Ini Sebaiknya Dikonsumsi oleh Wanita Hamil (1)

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 24 Feb 2016 11:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kecuali protein, lemak dan karbohidrat wanita hamil wajib mengonsumsi sayuran. Ini karena sejumlah vitamin dan mineral penting untuk janin ada pada sayuran.

Meskipun nafsu makan naik turun, ada baiknya setiap waktu makan, sayuran selalu dikonsumsi dalam jumlah cukup. Beberapa jenis sayuran ini punya nutrisi penting untuk ibu dan janin. Konsumsilah bergantian setiap hari untuk manfaat maksimalnya.

1.Sayuran berdaun hijau
Sayuran ini sangat baik untuk wanita hamil. Konsumsi kangkung, bayam, sawi, daun singkong bergantian setiap hari. Sayuran ini kaya akan folat dan kalsium juga mikronutrien seperti mangan, potassium, serat, zat besi dan sejumlah vitamin. Nutrisi ini penting untuk ibu dan tumbuh kembang janin.

2.Brokoli



Banyak wanita hamil tak suka aroma tajam brokoli. Tetapi sayuran ini kaya akan kalsium dan folat. Juga mengandung serat, antioksidan, zat besi dan mikronutrien lain. Karenanya brokoli digolongkan sebagai superfood untuk wanita hamil. Bisa disajikan dengan ditumis, campuran sup, salad atau dipanggang dengan taburan keju.

3.Ubi manis



Beragam jenis ubi seperti ubi merah, kuning dan putih kaya akan vitamin A. Mengandung potassium dan serat. Potassium sangat diperlukan untuk persiapan saat ibu menyusi. Sedangkan seratnya sangat baik untuk atasi kesulitan BAB yang umum dialami ibu hamil.

Ubi yang manis dan empuk ini juga kaya akan vitami B6 yang membantu pembentukan sel darah merah pada janin da mencegah mual di pagi hari.

4.Paprika
Bukan hanya jenis jeruk yang kaya vitamin C, paprika juga punya kandungan vitamin C yang tinggi. Satu buah paprika mengandung 209 mg vitamin C atau tiga kali lebih banyak dari jeruk.

Paprika bisa diolah dengan cara ditumis, sebagai campuran salad atau dipanggang. Vitamin C sangat diperlukan untuk membantu penyerapan zat besi.

(tan/odi)