Ini 6 Cara Agar Anda Menyukai Makanan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 02 Feb 2016 13:10 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Asupan makanan sehat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika t​ak suka ​rasa makanan sehat yang sering dianggap tidak enak, coba ikuti langkah ini.

Kepada Fox News (01/02), ahli gizi Georgie Fear memberi tips untuk menciptakan keinginan makan sehat. Hal-hal sederhana berikut dapat Anda praktekkan dengan mudah

1. Lupakan pengalaman buruk masa kecil



Anak-anak sering kali menghindari konsumsi buah dan sayur tertentu dengan alasan tidak enak. Kebiasaan ini akhirnya membuat mereka tidak mau makan buah dan sayur tersebut hingga dewasa. Padahal berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam ragam buah dan sayur.

"Indera pengecap lebih sensitif ketika Anda masih kecil. Bila waktu kecil Anda tidak suka brokoli karena pahit, cobalah konsumsi sekarang. Bisa jadi Anda menyukainya ketika sudah dewasa," ujar Georgie Fear.

2. Kelilingi diri dengan makanan sehat

Salah satu hasil peneltiian dalam jurnal Appetite menyarankan agar seseorang mengelilingi dirinya dengan makanan sehat untuk ciptakan keinginan makan sehat lebih besar. Lingkungan diketahui berperan besar dalam membentuk pola makan harian.

Sebagai contoh, orang Prancis tidak terlahir menyukai escargot. Begitu juga dengan orang Jepang yang tidak terlahir menyukai sushi. Mereka akhirnya suka bekicot atau ikan mentah karena makanan tersebut merupakan bagian dari keseharian.

Coba perbanyak stok dapur dengan makanan sehat seperti pasta gandum atau dada ayam organik untuk pilihan lebih baik. Dengan cara ini, keinginan makan sehat Anda diharapkan bertambah besar.

3. Mulai perlahan



Jika tidak suka wortel mentah, jangan memakannya. Mulailah konsumsi wortel mentah atau makanan yang tidak disukai lainnya secara perlahan. Contohnya, memadukan wortel mentah dengan sayuran lain dalam salad bersaus ranch. Fear mengatakan, "Anda tidak harus memakan makanan tersebut jika masih tidak menyukainya."

4. Buat sayuran manis

Banyak orang sulit menghilangkan keinginan makan manis. Alih-alih mencoba sayuran mentah atau kukus, cobalah panggang sayuran untuk menghasilkan rasa manis alami. Brussel sprout, misalnya, akan terasa manis seperti permen ketika dipanggang hingga renyah dan berkaramel.

5. Beli makanan mahal



Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Sensory Studies menunjukkan manusia punya kecenderungan mempersepsikan makanan mahal dengan rasa lebih enak. Cara ini juga bisa diterapkan untuk ciptakan keinginan makan sehat. Coba beli sayuran organik di supermarket dengan harga sedikit lebih mahal daripada sayuran biasa. Bukan tidak mungkin, Anda jadi lebih bersemangat menyantapnya.

6. Pastikan benar-benar lapar

Fear selalu memastikan kliennya tidak makan ketika sedang tidak lapar. "Mengapa hal ini saya terapkan? Karena ketika perut Anda benar-benar lapar, Anda lebih ingin menyantap apapun yang ada di depan Anda, termasuk semangkuk sayuran," pungkas Fear yang juga menulis buku Lean Habits for Lifelong Weight Loss.

(adr/odi)