Buat Racikan Minuman Alami Ini untuk Atasi Sakit Tenggorokan (2)

Lucia Essy Heriana - detikFood Senin, 01 Feb 2016 11:05 WIB
Ilustrasi: Thinkstock Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - ​Tenggorokan sakit dan sulit menelan? Sebelum makin parah, ada baiknya atasi dengan racikan minuman alami yang enak dan mudah dibuat.​

​Perubahan cuaca sering memicu beragam virus termasuk infeksi tenggorokan. Banyak bahan alami di rumah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Jadi tak perlu buru-buru menelan obat.​

6. Jus tomat



Untuk meredakan sakit tenggorokan, berkumurlah dengan ½ gelas jus tomat dan ½ gelas air hangat, tambahkan bubuk cabai secukupnya. Lycopene yang terdapat dalam tomat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan lebih cepat.

7. Teh hijau
Teh hijau diketahui ​ampuh atasi​ infeksi. Anda dapat berkumur dengan segelas teh hijau hangat untuk membunuh bakteri dalam mulut dan tenggorokan Anda.

8. Cuka apel
Jika tenggorokan Anda terasa gatal, ambilah cuka apel karena kuman dapat bertahan dalam lapisan asam yang terbentuk dalam tenggorokan Anda. ​Be​rkumurlah dengan segelas air hangat yang dicampurkan dengan satu sendok teh cuka apel dan satu sendok teh garam.

9. Teh raspberry



Teh raspberry adalah obat kumur buatan rumah yang mampu meredakan flu. Buatlah teh raspberry ini dengan air panas, berkumurlah saat teh sudah hangat.

(msa/odi)